Sejarah dan Asal-usul Suku Banjar, Lengkap dengan Kebudayaan Khasnya

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 12:30 WIB
loading...
A A A
Orang dari suku Banjar merupakan keturunan Dayak yang telah memeluk Islam dan mengadopsi adat istiadat Jawa, Melayu, Bugis, dan Cina sejak zaman kuno.



Masyarakat suku Banjar juga sering disebut sebagai orang Dayak pesisir, sehingga memiliki ciri khas yang sedikit berbeda dengan mayoritas suku Dayak di daerah pedalaman Kalimantan.

Masyarakat suku Banjar cenderung menerapkan gaya hidup dan norma-norma yang berlandaskan ajaran Islam.

Kebudayaan Khas Suku Banjar


Budaya dan tradisi masyarakat Banjar adalah hasil dari proses asimilasi selama berabad-abad yang dipengaruhi oleh kepercayaan Islam. Budaya Islam diperkenalkan oleh pedagang Arab dan Persia.

Ekspresi budaya Banjar tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya, terutama dalam bentuk kesenian, tarian, musik, pakaian, permainan, dan upacara adat tradisional.



Tata nilai dan norma-norma sosial Banjar yang berasaskan Islam terus dijaga dan dilestarikan. Hal ini tercermin dalam aktivitas keseharian mereka.

Ini juga tercermin dalam berbagai pertunjukan seni Banjar yang sering diadakan dalam acara resmi, seperti tarian dan lagu khas Banjar.

Begitu pula dengan upacara adat khas Banjar yang biasanya dilangsungkan dalam peristiwa-peristiwa penting seperti pernikahan, kelahiran, atau peringatan-peringatan lain yang signifikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)