Ganjar Inisiasi Pabrik Teh Premium di Cianjur, Berdayakan Warga Kaki Gunung Gede

Kamis, 05 Oktober 2023 - 13:00 WIB
loading...
Ganjar Inisiasi Pabrik Teh Premium di Cianjur, Berdayakan Warga Kaki Gunung Gede
Ganjar Pranowo menginisiasi pembangunan pabrik teh kualitas premium di Desa Tegallega, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Foto/Ricky Susan/MPI
A A A
CIANJUR - Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024, Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Cianjur dan menginap di desa terpencil kali Gunung Gede, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (5/10/2023).

Dalam kunjungannya, Ganjar datang untuk menjalankan salah satu program andalannya, yakni hilirisasi pertanian untuk menuju kedaulatan pangan.

Menggandeng Koperasi Desa Sejahtera Indonesia (Kodesi) milik Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) di mana Ganjar adalah Dewan Pembinanya, petani milenial dan warga setempat, Ganjar menginisiasi pembangunan pabrik teh kualitas premium di Desa Tegallega, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Pabrik teh ini akan memproduksi teh premium yang kami beri merk Teh GP. Itu kepanjangan dari Teh Gede Pangrango, karena wilayah ini ada di kaki gunung Gede dan Pangrango," kata Fery Kurniawan, konsultan pabrik.



Pabrik teh itu nantinya akan dikelola oleh anak-anak muda. Sementara, pilot project akan mengelola 4 hektare kebun teh dan memproduksi 200 kg perhari.

"Untuk harganya, karena ini teh premium maka sangat tinggi. Per 50 kg seharga Rp150.000 dan perkilogram setara Rp800.000 sampai Rp2 juta. Tentu dengan hasil ini, akan membuat para petani teh di desa ini semakin sejahtera," ucapnya.

Para anak muda petani milenial tersebut mengaku sangat senang. Sebab dengan adanya program pemberdayaan masyarakat ini, maka ekonomi masyarakat yang mayoritas adalah petani teh itu akan bertambah.

"Tentu kami sangat antusias sekali karena pak Ganjar menginisiasi ini untuk masyarakat. Dan kami anak muda dilibatkan menjadi motor penggerak. Harapannya tentu kami anak muda tidak perlu ke kota untuk bekerja, tapi bisa berkarya di desa dengan pendapatan tak kalah dengan mereka yang ada di kota," ucap Nandri Rivaldi (29) salah satu petani milenial Desa Tegallega.

Sementara itu, Ganjar mengatakan bahwa banyak potensi masyarakat desa yang bisa dioptimalkan. Contohnya di Desa Tegallega ini, dimana ada potensi perkebunan teh yang bisa dikelola lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)