Cegah Anemia dan Stunting, Pemko Pematang Siantar Ajak Remaja Putri Minum Tablet Penambah Darah

Rabu, 04 Oktober 2023 - 14:20 WIB
loading...
A A A
Ketika anemia dapat teratasi, harapannya anak akan terlahir sehat dan tidak kekurangan gizi. Adanya zat besi diperlukan untuk menangkap oksigen dalam tubuh. Problematika stunting tidak mutlak pada keluarga ekonomi yang kurang mampu. Pasalnya, kekurangan gizi dapat dipengaruhi oleh tiga sebab yakni pola makan, pola asuh, dan sanitasi. Pola makan artinya anak tidak cukup makan nasi saja, tidak hanya butuh karbohidrat. Saat ini programnya adalah Isi Piringku, bukan lagi empat sehat lima sempurna. Isi piringku adah program porsi makan yang terdiri dari sebagian buah dan sayur juga sebagian yang lain yakni karbohidrat dan protein.

"Jadi pola makan juga mempengaruhi remaja putri kita sekarang. Boleh diet. Diet karbohidrat, protein jangan. Jika protein dikurangi, tidak akan berkembang selnya. Kalau protein yang berkurang itu membuat otak pada bayi dan balita lambat berkembang. Tidak ada faktor keturunan untuk stunting. Sepanjang anak diberi asupan gizi yang bagus dan diimbangi dengan olahraga, mudah-mudahan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya," tutur Irma.

Disinggungmengenai remaja putri yang tidak bersekolah, Irma menyebutkan bahwa ke depannya akan ada program Posyandu Remaja. Suatu kegiatan Posyandu yang terintegrasi sasarannya dari bayi hingga lansia termasuk remaja. Jadi, diharapkan remaja yang putus sekolah untuk mengunjungi Posyandu tersebut.

"Di Kota Pematang Siantar, hingga Agustus 2023 ada 216 kasus stunting dari yang kita timbang 10.768 bayi. Banyaknya kasus stunting pada balita, jadi kita kejar anak agar tidak menuju stunting. Upayanya sudah kita mulai sejak ibu hamil diberi imunisasi. Minimal 6 kali ibu selama hamil berkunjung ke tenaga kesehatan. Satu kali triwulan pertama, 2 kali triwulan kedua, dan 3 kali di triwulan ketiga,"ucapnya.

Adv
(dsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7572 seconds (0.1#10.140)