Sampah Masih Jadi Persoalan, Pemkot Bandung Minta Perkantoran Kelola Mandiri

Selasa, 03 Oktober 2023 - 09:45 WIB
loading...
Sampah Masih Jadi Persoalan, Pemkot Bandung Minta Perkantoran Kelola Mandiri
Kendaraan melintas di samping Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Gudang Selatan, Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/9/2023). Foto/Antara
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendorong seluruh perkantoran pemerintah di Kota Bandung untuk mengelola sampahnya sehingga dapat menghadirkan kantor pemerintah yang bebas sampah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyebut, perkantoran pemerintah harus menjadi contoh menghadirkan kawasan yang bebas sampah.

"Di masa kedaruratan seperti sekarang perlu adanya teladan dari kita semua. Termasuk di kantor pemerintah semua harus bebas sampah," kata Bambang.

Dia meminta semua kantor pemerintah mulai dari lingkungan sekretariat, dinas maupun kewilayahan dapat mulai mengurangi sampah dari seluruh aktivitas perkantorannya.



"Tidak ada lagi botol - botol di tempat kita rapat. Kita mulai pakai Tumbler. Kedepan seluruh kegiatan kita jangan sampai menimbulkan sampah," ujarnya.

Bambang telah mengeluarkan Instruksi Wali Kota dan Surat Edaran terkait pengelolaan sampah di Kota Bandung pada masa darurat.

"Saya buat Inwal untuk semua stakeholder di Kota Bandung, juga membuat SE untuk mengelola sampah. Sebuah keniscayaan sampah bisa selesai dalam waktu singkat," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyebut sampah di Balai Kota Bandung telah terkelola dengan baik.

Sampah yang dihasilkan di balai kota, ujar Ema, telah dipisahkan mulai dari organik, anorganik dan residu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)