Napak Tilas Kejayaan Jalur Garut, Super Adventure Dukung Deep Forest Challenge 2023

Senin, 02 Oktober 2023 - 09:54 WIB
loading...
A A A
Terdapat 25 mobil offroad yang akan menyusuri jalur tersebut. Setiap mobil diisi oleh empat kru. Mereka datang dari luar pulau Jawa, seperti Kalimantan Tengah.

Ekspedisi kolaborasi yang digagas oleh DFC, Super Adventure, Bank BJB, dan Pertamina ini nantinya berupaya untuk mereaktivasi jalur lama buatan Belanda agar bisa kembali digunakan oleh masyarakat. Terutama untuk mengangkut hasil pertanian maupun akses bagi mereka untuk mencapai lokasi lain.

Ketua PIC DFC 2023, Yudi menyebutkan, tujuan utama kegiatan ini adalah pembukaan jalur kendaraan roda empat bagi masyarakat yang ada di sepanjang jalur yang dilalui oleh kegiatan.

"Ekspedisi ini juga membantu masyarakat membuka jalur, sehingga nanti masyarakat bisa menggunakan jalur tersebut untuk mobilisasi mereka. Jadi bukan hanya sekonyong-konyong kita bermain tapi kita juga kita memberikan akses ke masyarakat sekitar," kata Yudi.

Dia menerangkan, jalur yang dilaluinya dalam kegiatan ini sebelumnya sudah tercatat dalam peta milik Belanda yang ditemukan oleh komunitasnya.

"Memang jalur yang kita lewati ini dulu sekali sudah terpetakan tapi sekarang sudah banyak yang hilang. Tapi jalur jalan kaki dan motor masih ada," ujarnya.

Menurut dia dibukanya jalur baru tersebut diaharapkan meningkatkan mobilitas masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai petani atau peladang, sehingga pihaknya mengharap dengan hadirnya jalan baru tersebut nanti bisa melancarkan usaha masyarakat.

Sementara itu perwakilan komunitas DFC, Diki Fajar mengucapkan apresiasinya kepada Super Adventure yang telah mendukung berjalannya kegiatan ini. Dia pun mengharap kerjasama antara DFC dan seluruh pihak ini pun dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan menumbuhkan potensi kawasan Garut bagian selatan.
(irh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)