Terpapar Asap Karhutla, 9.599 Warga Palangkaraya Terserang ISPA

Sabtu, 30 September 2023 - 07:22 WIB
loading...
Terpapar Asap Karhutla, 9.599 Warga Palangkaraya Terserang ISPA
Sejumlah anak dan lansia di Kota Palangkaraya banyak terserang ISPA akibat Karhutla. Foto/Ilustrasi
A A A
PALANGKARAYA - Akibat maraknya kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karthutla) mengakibatkan masyarakat di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah terserang infeksi saluran pernapasan (ISPA). Dinas Kesehatan menyebutkan terdapat 9.599 kasus ISPA.

”Hampir 10 ribu kasus warga Palangkaraya terpapar penyakit ISPA, penyakit ini ditimbulkan dari kabut asap Karhutla ini meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan data Agustus,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kalteng Riza Syahputra, Sabtu (30/9/2023).



Menurut dia, penyebab utama yakni dampak maraknya kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau dan cuaca ekstrem yang mengakibatkan kabut asap menyelimuti Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah.

”Kebanyakanya warga yang terserang ISPA yakni yang sering beraktivitas di luar rumah dan menghirup kabut asap, banyak masyarakat terpapar terutama golongan lansia dan anak-anak yang terserang infeksi saluran pernapasan,” ucapnya.



Berdasarkan data Pemprov Kalimantan Tengah sejak Januari 2023 hingga bulan Agustus 2023 saja telah tercatat 9.599 kasus ISPA di Kota Palangkaraya. Kenaikan signifikan terjadi Agustus sebanyak 2014 kasus dan Juli hanya berjumlah 637 kasus.

Riza menambahkan, Pemprov Kalteng sudah memprediksi jumlah kasus ISPA pada bulan ini akan lebih meningkat lagi menjadi 3.500 kasus. Kini, Pemprov Kalteng dan Pemkot Palangkaraya mengencarkan pembagian masker dan mendirikan Posko Satgas Karhutla.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)