Fakta yang Membuktikan Keberadaan Prabu Siliwangi, Benarkah Hanya Nama Julukan?

Senin, 25 September 2023 - 15:19 WIB
loading...
A A A
Meski begitu, nama Prabu Siliwangi justru tak muncul dalam daftar nama raja Pajajaran. Lalu, apakah nama tersebut hanyalah julukan?

Ternyata nama Prabu Siliwangi hanyalah julukan atau gelar dan bukan nama asli. Sebuah pendapat dari Undang A. Darsa dalam Paririmbon Sunda menyebutkan bahwa tokoh Prabu Siliwangi itu banyak.

Dia berpendapat bahwa dari 32 raja Kerajaan Sunda ada empat yang mendapat gelar Prabu Siliwangi. Mereka adalah raja yang saat memerintah Kerajaan Sunda ditandai dengan kondisi geopolitik yang terjadi pada abad ke-15 dan 16, yaitu saat Barat masuk, saat Majapahit runtuh, dan saat masyarakat agraris mulai berkenalan dengan ekonomi dagang.



Keempat Raja tersebut adalah Lingga Buana, Niskala Wastu Kancana, Sri Baduga Maharaja, dan Surawisesa. Sedangkan tokoh yang sangat melekat dengan julukan Prabu Siliwangi di tanah Jawa Barat adalah Sri Baduga Maharaja.

Ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa tokoh Prabu Siliwangi itu tujuh, bahkan sampai dua belas orang.

Siliwangi berasal dari kata asilih wewangi yang berarti ganti nama atau ganti ngaran. Dalam bahasa Sunda (kuna), nama (ngaran) sering disebut juga wawangi. Istilah wawangi hanya digunakan untuk seorang tokoh, terkenal, dan punya nama harum.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)