Kisah Prabu Siliwangi dengan Kehebatan Armada Perang yang Ditakuti Kerajaan Lain

Kamis, 13 Juli 2023 - 06:35 WIB
loading...
Kisah Prabu Siliwangi dengan Kehebatan Armada Perang yang Ditakuti Kerajaan Lain
Prabu Siliwangi membawa Kerajaan Pajajaran ke puncak kejayaan dengan memiliki armada perang yang kuat, disegani dan membuat gentar kerajaan lain di Nusantara. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
PRABU Siliwangi berhasil membawa Kerajaan Pajajaran ke puncak kejayaan dengan memiliki armada perang yang kuat, disegani dan membuat gentar kerajaan lain di Nusantara.

Berdasarkan catatan Portugis, tercacat ada sekitar 100.000 personel Kerajaan Pajajaran. Hal itu ditulis dalam jejak sejarah catatan Portugis sebagaimana dikutip dari "Hitam Putih Pajajaran : Dari Kejayaan Hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran". Transportasi sang raja Prabu Siliwangi pun tak main-main.


Prabu Siliwangi memiliki sekitar 40 ekor gajah untuk transportasi. Selain itu sejumlah kapal Jung yang fungsinya sebagai alat transportasi laut sekaligus menciptakan perdagangan antar pulau.

Perdagangan yang mendominasi yakni kapas, baju, hingga kuda jenis Pariaman yang mencapai 4.000 ekor setiap tahunnya.

Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja selain memimpin dengan keberanian raja dan kekuatan pasukan perang yang besar, Tomi Pires mencatat mengapa Kerajaan Pajajaran akhirnya muncul sebagai kerajaan yang disegani dan besar.

Sosok Prabu Siliwangi digambarkan sebagai era kesejahteraan yang tertulis banyak di Carita Parahiyangan.



Tomi Pires juga ikut mencatat kemajuan Kerajaan Pajajaran di bawah kepemimpinan Sri Baduga dengan komentar The Kingdom of Sunda is justly governed; they are honest men (Kerajaan Sunda diperintah dengan adil, mereka adalah orang-orang jujur).

Naskah yang ditemukan bernama Kitab Waruga Jagat dari Sumedang dan Pancakaki Masalah Karuhun Kabeh dari Ciamis yang ditulis pada abad ke-18 M menggunakan bahasa Jawa dan huruf Arab Pegon mengungkapkan masa pemerintahan Sri Baduga dengan masa Gamuh Pakuan (saat kemakmuran daerah Pakuan).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2305 seconds (0.1#10.140)