Fakta yang Membuktikan Keberadaan Prabu Siliwangi, Benarkah Hanya Nama Julukan?

Senin, 25 September 2023 - 15:19 WIB
loading...
Fakta yang Membuktikan Keberadaan Prabu Siliwangi, Benarkah Hanya Nama Julukan?
Prabu Siliwangi merupakan salah satu tokoh sejarah dari Jawa Barat yang kisahnya telah dikenal masyarakat Sunda. Foto/Ilustrasi/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Prabu Siliwangi merupakan salah satu tokoh sejarah dari Jawa Barat yang kisahnya telah masyhur dalam cerita rakyat di Tanah Sunda.

Banyak kisah yang menceritakan kehebatan Prabu Siliwangi. Mulai dari cerita tentang mengalahkan macan putih hingga disebutkan pernah membawa Kerajaan Pajajaran ke masa keemasan.

Namun, sampai saat ini eksistensi Prabu Siliwangi masih kerap menimbulkan perdebatan mengingat banyak cerita rakyat berbau mitos yang menyelimutinya.

Dilansir dari makalah bertajuk "Prabu Siliwangi Sejarah atau Dongeng?", disebutkan bahwa Prabu Siliwangi adalah tokoh sejarah, bukan tokoh dongeng atau tokoh mitos.



Hal tersebut dikarenakan keberadaannya yang didukung oleh sejumlah sumber, tertulis dan lisan, serta didukung juga oleh fakta sosial dan fakta mental.

Fakta tentang Prabu Siliwangi

Nama Prabu Siliwangi bisa ditelusuri pada sejumlah naskah kuno, di antaranya Naskah Carita Parahiyangan, Naskah Sanghyang Siksa Kandang Karesian, Naskah Carita Purwaka Caruban Nagari, Naskah Bujangga Manik, dan masih banyak naskah lain.

Disebutkan juga bahwa fakta keberadaan Prabu Siliwangi juga tertulis di Prasasti Batutulis yang dibuat Prabu Surawisesa, Raja Sunda yang berkuasa selama 14 tahun (1521-1535 M).



Dalam prasasti tersebut, Prabu Surawisesa yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi menjelaskan bagaimana wilayah kekuasaan ayahnya itu mulai direbut satu per satu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)