Puluhan Peserta di Bone Bolango Ikuti Pelatihan Pemandu Ekowisata

Jum'at, 22 September 2023 - 14:07 WIB
loading...
A A A
Hal senada juga diutarakan Kepala Disparpora Kabupaten Bone Bolango, Muhamad Yamin Abbas. Ia berharap para peserta jangan hanya duduk dan diam, karena ini penggunaan anggarannya APBN.

Olehnya itu, manfaatkan ilmu yang diberikan pada pelatihan ini dengan sebaik mungkin, jangan hanya datang duduk diam, ngantuk, tidur, balik dan tidak ada hasilnya.

"Implementasi dari pelatihan ini sangat penting sekali. Kita punya banyak objek wisata di Bone Bolango, maka teman-teman inilah yang menjadi pemandu dan membantu kita di Dinas Pariwisata," kata Yamin Abbas.

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Fuad Pantoiyo, menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi para pemandu ekowisata agar dapat memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang kepemanduan ekowisata.

"Pelatihan pemandu ekowisata ini bersumber dari anggaran non fisik pelayanan kepariwisataan Kemenparekraf RI tahun anggaran 2023. Di mana pesertanya berasal dari utusan kelompok sadar wisata, pelaku pemandu wisata, dan perwakilan masyarakat yang berada di kawasan penyangga Taman Nasional Bogani Nani Wartabone," kata Fuad.
(irh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2717 seconds (0.1#10.140)