Selain di Km 189, Pemudik Makan Siang di Km 108 Tol Cipali pun Viral

loading...
Selain di Km 189, Pemudik Makan Siang di Km 108 Tol Cipali pun Viral
Pemudik yang nekat makan siang di bahu jalan Tol Cipali pada Jumat (31/7/2020). Foto/Tangkapan Layar Video Viral
BANDUNG - Pemudik makan siang di bahu jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) bukan hanya terjadi di Km 189 dekat gerbang Tol Palimanan, tetapi juga di Km 108 arah Cirebon.

Aksi pemudik makan siang di bahu jalan tol ini sangat berbahaya. Jika dibiarkan, mereka bisa saja menjadi korban kecelakaan fatal di jalan Tol Cipali yang terkenal rawan ini. (BACA JUGA:Ada Pemudik Hentikan Mobil untuk Makan Siang di Bahu Tol Cipali)

Video saat polisi jalan raya (PJR) membubarkan pemudik yang makan siang di Km 108 itu pun viral di media sosial. Dalam video tampak seorang polisi meminta pemudik tersebut mengemasi semua makanan yang telah digelar di bahu jalan. (BACA JUGA:Abaikan Keselamatan, Mobil Bak Terbuka Jadi Armada Berwisata)

Polisi mengingatkan bahwa aksi para pemudik yang terdiri atas tiga wanita dan pria dewasa, serta satu anak-anak itu, sangat berbahaya. Mereka menumpang sebuah mobil dengan nomor polisi (nopol) A 1686 XR. (BACA JUGA:Arus Balik Tol Cipali Padat, Ribuan Kendaraan Antre di Gerbang Tol)



"Sok (silakan) bu. Diangkat bu ya. Makannya di rest area atau di tempat yang aman. Bukan gak boleh makan, tapi tempatnya (lokasi untuk makan) yang dilarang. Ini sangat rawat Cipali, bu ya. Takutnya ada (pengemudi) yang ngantuk," kata polisi tersebut.

Perwira Unit PJR Tol Cipali Iptu Karyana mengatakan, pemudik makan siang di bahu jalan Tol Cipali ditemukan saat dirinya dan anggota sedang patroli di ruas tol tersebut.

Karyana meelihat ada kendaraan berhenti di bahu jalan. Saat dilihat, ternyata penumpangnya sedang duduk dan makan siang di depan mobil yang berhenti itu. Sementara arus kendaraan sangat ramai dan melaju dengan kecepatan tinggi.



"Betul kejadiannya di KM 108 A Tol Cipali Jumat (31/7/2020). Mereka dari Jakarta menuju Cirebon. Kami hampiri. Kemudian meminta mereka melanjutkan perjalanan. Jika hendak makan, lebih baik masuk rest area, supaya lebih aman," kata Karyana melalui telepon seluler, Minggu (2/8/2020).

Karyana mengemukakan, selama ini, dari sejumlah kecelakaan lalu lintas fatal di Tol Cipali kerap terjadi lantaran kendaraan menabrak kendaraan lain yang sedang berhenti di bahu jalan.

Sebelumnya diberitakan, Sejumlah pemudik yang hendak balik ke Jakarta melalui Tol Cipali Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menjadi viral karena berhenti di bahu tol untuk istirahat dan makan siang.

Para pemudik ini turun di bahu jalan Tol Cipali Km 189 atau sebelum memasuki gerbang Tol Cipali Palimanan. Mereka sengaja beristirahat di bahu jalan tol untuk makan bersama rombongannya. Petugas lantas yang datang di lokasi langsung menyuruh pemudik beristirahat di rest area terdekat.

Kasat Lantas Polresta Cirebon AKP Ahmat Troy Aprio melalui sambungan telepon membenarkan ada pemudik yang berhenti di bahu jalan untuk istrirahat dan makan siang. Jika ada lagi yang berhenti di bahu jaln tol akan di tindak tegas.
(awd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top