Flare Foto Prewedding Bawa Petaka di Bromo, Kelestarian Anggrek dan Ular Tengger Terancam

Kamis, 14 September 2023 - 10:31 WIB
loading...
Flare Foto Prewedding...
Kebakaran padang savana Gunung Bromo, yang dipicu oleh penggunaan flare saat foto prewedding, mengancam keberadaan flora fauna endemik, yakni Anggrek Bromo, dan ular Tengger. Foto/iNews TV/Hana Purwadi
A A A
PROBOLINGGO - Penggunaan flare dalam foto prewedding di padang savana Gunung Bromo, membawa petaka. Kebakaran hebat melanda kawasan kaldera Tengger, hingga mengancam keberadaan flora dan fauna khas Gunung Bromo.



Kebakaran tersebut, mengancam kelestarian anggrek khas Gunung Bromo, serta ular Tengger. Hingga kini petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), belum bisa memastikan dampak kebakaran terhadap keberadaan flora dan fauna tersebut.



Kepala Seksi I Balai Besar TNBTS, Bambang Suryanto mengatakan, untuk memastikan keberadaan anggrek Bromo, dan ular Tengger tersebut masih menunggu kebakaran benar-benar padam. "Setelah nanti kebakaran benar-benar padam, baru bisa kita lakukan pendataan," tuturnya.



Ekosistem di kawasan konservasi ini terancam punah, setelah dalam beberapa hari terakhir Gunung Bromo mengalami kebakaran hebat. Api sulit dipadamkan karena banyaknya rumput dan semak-semak kering akibat kemarau, serta kondisi angin kencang.

Flare Foto Prewedding Bawa Petaka di Bromo, Kelestarian Anggrek dan Ular Tengger Terancam


Bambang menyebut, ular Tengger merupakan satwa endemik di kawasan savana Gunung Bromo. "Bentuk ularnya kecil seperti cacing tanah, dan keberadaanya hanya ada di kawasan savana," ungkapnya.



Sementara anggrek Bromo, disebut Bambang merupakan flora endemik Gunung Bromo yang juga terancam kelestariannya akibat kebakaran ini. Anggrek ini, terkenal dengan keindahannya dan selalu dijaga kelestariannya di kawasan TNBTS.
(eyt)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2536 seconds (0.1#10.140)