Tingkatkan Kemandirian, 20 Disabilitas ODGJ di Klaten Dapat Pendampingan 6 Bulan

Rabu, 13 September 2023 - 13:27 WIB
loading...
Tingkatkan Kemandirian, 20 Disabilitas ODGJ di Klaten Dapat Pendampingan 6 Bulan
Desa Kranggan, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah dinobatkan sebagai Desa Inklusi oleh Komisi Nasional Disabilitas. Foto/Ist
A A A
KLATEN - Sebanyak 20 disabilitas ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) di Desa Kranggan, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah mendapat pendampingan selama 6 bulan. Pendampingan setiap hari Jumat ini untuk meningkatkan kemandirian.

Pendampingan oleh Inklusi Center Kecamatan Karanganom-Bhakti Negeri (ICKK-BN) ini dilaksanakan di Posyandu Jiwa Kantor Desa Kranggan.



“Untuk tahun ini kita akan lakukan pendekatan dengan pengembangan pelayanan anak dengan gangguan ODGJ. Yang kita lakukan salah satunya adalah penguatan kapasitas untuk pengembangan ekonomi untuk kemandirian para ODGJ dan juga untuk kesehatannya,” kata Ketua ICKK-BN, Srimulyo, Rabu (13/9/2023).

Dia mengatakan para penyandang disabilitas ODGJ di Desa Kranggan ini kebanyakan diakibatkan stress karena masalah-masalah ekonomi keluarga, putus cinta, dan faktor keturunan.

Oleh karena itu, pihaknya berusaha mendorong agar para ODGJ ini bisa mendapat perlindungan dan terapi sehingga bisa diterima lagi di masyarakat.

“Tidak hanya itu, kita juga berusaha sampai ke tingkat kemandirian mereka secara ekonomi agar memiliki masa depan,” ujar Sri Mulyo.



Dokter Resita Optiana dari Puskesmas Polanharjo, yang ikut sebagai pendamping dari tenaga kesehatan untuk memeriksa kesehatan para ODGJ di Posyandu Gemas Ketawa Desa Kranggan mengatakan, kondisi kesehatan para ODGJ yang mendapat pendampingan kinibaik-baik saja.

”Mereka umumnya hanya menderita stress saja yang membuat mereka akhirnya menutup diri dan tidak mau bersosialisasi dengan yang lain. Karenanya, mereka di Posyandu Jiwa ini dibimbing untuk bisa beradaptasi dengan menyelesaikan masalahnya sendiri. Untuk itu, mereka butuh dukungan orang lain,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)