Salurkan Air Bersih, Relawan Ganjar Bantu 3 Ribu Keluarga di Serang

Selasa, 12 September 2023 - 07:58 WIB
loading...
Salurkan Air Bersih, Relawan Ganjar Bantu 3 Ribu Keluarga di Serang
Relawan Ganjar untuk Semua (GUS) menyalurkan bantuan air bersih kepada 3.000 keluarga di Kecamatan Tirtayasa dan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Senin (11/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SERANG - Relawan Ganjar untuk Semua (GUS) menyalurkan bantuan air bersih kepada 3.000 keluarga di Kecamatan Tirtayasa dan Tanara, Kabupaten Serang, Banten. Aksi yang diinisiasi para pendukung Ganjar Pranowo tersebut dilakukan untuk membantu warga yang krisis air di dua kecamatan tersebut.

"Hari ini ada 10 unit (mobil tangki air). Satu unit itu (mengangkut) lima ribu (liter air). Jadi semuanya 50 ribu liter. Insyaallah untuk hari ini, ada 12 RT dan 3.000 KK yang sudah terdistribusikan," kata Korwil GUS Kabupaten Serang Mustofa Abdur Rosid usai penyalurkan air bersih, Senin (11/9/2023).

Mustofa menjelaskan, kemerau berkepanjangan telah membuat warga di daerah tersebut telah menghadapi krisis air. Banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih gratis, khususnya untuk konsumsi.

"Latar belakang kita mendistribusikan air bersih ini, karena kemarau yang cukup panjang juga, sekitar 3-6 bulan. Masyarakat di sini membutuhkan air bersih. Air bersih untuk minum kesulitan," lanjutnya.

Warga pun senang dan semangat saat mengantre mendapatkan air bersih gratis. Mereka telah menyiapkan wadah besar untuk menampung air yang dialirkan dari mobil tangki.

Salah satu tokoh masyarakat Kalwan mengaku sangat bersyukur dengan bantuan air bersih yang diberikan relawan GUS. "Sangat bahagia, sangat bangga sekali. Warga kampung kami sangat bahagia dengan adanya bantuan air bersih," katanya.

Dia menceritakan, banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih gratis, khususnya untuk konsumsi. Untuk konsumsi air sehari-hari, mereka terpaksa mengeluarkan uang untuk membeli air di depot air isi ulang.

"Jadi, saya menghubungi relawan (untuk meminta bantuan) dan langsung ditanggapi relawan. Masyarakat kampung sini sangat membutuhkan air bersih. Buat mandi dan minum aja susah," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4084 seconds (0.1#10.140)