Ini Upaya Kementan dalam Menangani Musim Kemarau di Indonesia

Jum'at, 08 September 2023 - 08:23 WIB
loading...
Ini Upaya Kementan dalam Menangani Musim Kemarau di Indonesia
Kementerian Pertanian meninjau panen kacang Koro di Minahasa Utara. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MINAHASA UTARA - Kementerian Pertanian melakukan upaya strategis terkait musim kemarau yang terjadi di Indonesia. Salah satu upayanya yakni melakukan kegiatan pembentukan embung-embung air.

”Kami kerja sama dengan Kementerian Desa mengoptimalkan pembentukan optimalisasi dana-dana desa kembali dialokasikan untuk kegiatan pertanian melalui kegiatan embung-embung air,” kata Irjen Kementan Jan S Maringka di Minahasa Utara, Jumat (8/9/2023).



Menurut dia, dengan adanya embung-embung air diharapkan bisa menjadi salah satu upaya kita mempertahankan lumbung-lumbung setiap desa dari dampak El Nino. Upaya lainnya juga dilakukan oleh Kementan dalam menghadapi musim kemarau.

”70.000 Desa itu adalah satu kekuatan besar untuk menjaga lumbung Indonesia karena itu El Nino harus kita hadapi secara bersama-sama tidak saja oleh Kementerian Pertanian juga dilakukan pemerintah daerah didukung pemerintah desa,” ungkapnya.



Dengan sinergi dan kerja sama tersebut, dia berharap dapat melawan gangguan terhadap kegiatan-kegiatan pertanian.“Upaya untuk menghadapi musim kemarau terus kita lakukan di setiap wilayah Indonesia terpencil,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4841 seconds (0.1#10.140)