7 Perbedaan Purwokerto dan Purwakarta, Serupa Tapi Tak Sama

Kamis, 31 Agustus 2023 - 17:28 WIB
loading...
A A A

4. Pendidikan


Terdapat beberapa perguruan tinggi ternama di Purwokerto, seperti Universitas Jenderal Soedirman. Ini membuat Purwokerto menjadi pusat pendidikan di wilayahnya.



Purwakarta juga memiliki beberapa institusi pendidikan, tetapi pengaruh dari kota-kota besar di sekitarnya, seperti Bandung.

5. Keistimewaan


Keistimewaan Purwokerto terletak pada pesona alamnya. Hal ini karena lokasinya yang ada di kaki Gunung Slamet. Purwokerto dikenal dengan wisata alam yang beragam. Mulai dari air terjun, bukit bintang dan lokawisata Baturraden.

Sementara itu, Purwakarta menawarkan berbagai objek wisata alam dan budaya, termasuk Taman Air Mancur Sri Baduga, Waduk Cirata, Bukit Pinus Panyawangan dan gunung bongkok.

6. Bahasa


Sebagai salah satu Kota di wilayah Jawa Tengah, bahasa yang digunakan di Purwokerto adalah bahasa jawa. Berbeda dengan bahasa jawa lainnya, Purwokerto dikenal dengan dialek khas Banyumasan atau biasa dikenal dengan Jawa Ngapak.

Berbeda dengan Purwokerto, Purwakarta berada di wilayah Jawa Barat dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Sunda.

7. Makanan Khas


Purwokerto dikenal dengan makanan khas tempe mendoan, yakni tempe yang digoreng dengan balutan tepung. Berbeda dengan gorengan tempe lainnya, tempe mendoan digoreng tidak terlalu garing, atau dalam bahasa Banyumas disebut mendo.

Sementara daerah Purwakarta terkenal dengan kuliner sate maranggi. Sate ini terkenal dengan rasa dan racikan bumbunya yang lezat. Adapun Istilah Maranggi sendiri dalam bahasa Sunda merupakan istilah petukangan, yakni "seorang ahli pembuat sarung keris"

Itulah 7 perbedaan Purwokerto dan Purwakarta, semoga informasi ini bermanfaat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)