7 Perbedaan Purwokerto dan Purwakarta, Serupa Tapi Tak Sama

Kamis, 31 Agustus 2023 - 17:28 WIB
loading...
7 Perbedaan Purwokerto dan Purwakarta, Serupa Tapi Tak Sama
Purwokerto dan Purwakarta merupakan dua daerah di Indonesia yang berbeda. Foto/Dok.
A A A
PURWOKERTO - Purwokerto dan Purwakarta adalah dua wilayah di Indonesia yang hampir sering membuat banyak orang keliru. Meski terdengar serupa, nyatanya Purwokerto dan Purwakarta adalah dua daerah yang berbeda.

Faktor pembeda dari dua wilayah ini pun cukup banyak. Mulai dari lokasi wilayah, budaya, bahasa, tempat wisata hingga makanan khas dari kedua daerah tersebut.

Berikut ulasan mengenai perbedaan Purwokerto dan Purwakarta yang menarik diketahui.

Perbedaan Purwokerto dan Purwakarta

1. Letak Geografis


Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas yang terletak di bawah kaki gunung Slamet, gunung terbesar di Pulau Jawa.



Berbeda dengan Purwakarta yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Purwakarta berada di sekitar 60 kilometer di sebelah timur Kota Bandung. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki pemandangan alam yang indah.

2. Sejarah dan Budaya


Purwokerto memiliki sejarah panjang sehingga menjadi salah satu kota yang memiliki pengaruh kolonial Belanda. Kota ini memiliki beberapa bangunan tua yang masih terjaga, menciptakan nuansa klasik di beberapa bagian kota.

Sementara Purwakarta memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan kerajaan-kerajaan di Jawa Barat. Budaya Sunda sangat kental di kota ini. Anda dapat menemukan berbagai upacara dan kesenian tradisional yang masih dijaga dengan baik.

3. Ekonomi


Ekonomi Purwokerto cenderung beragam dengan sektor pertanian dan perdagangan menjadi pilar penting. Kota ini juga memiliki potensi pariwisata yang semakin berkembang.

Sementara ekonomi Purwakarta didukung oleh sektor industri, terutama industri manufaktur dan pertanian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0004 seconds (0.1#10.140)