6 Fakta Menarik Kota Purwakarta, Tempat Lahirnya Tokoh Nasional Indonesia

Rabu, 09 Agustus 2023 - 10:43 WIB
loading...
6 Fakta Menarik Kota Purwakarta, Tempat Lahirnya Tokoh Nasional Indonesia
Salah satu fakta menarik Purwakarta adalah punya taman air mancur terbesar terbesar se-Asia Tenggara. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Purwakarta merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat , Indonesia. Daerah ini dikenal sebagai tempat kelahiran para pemimpin besar dan tokoh nasional Indonesia.

Selain itu, banyak hal unik yang ada di kota yang berbatasan dengan Karawang ini. Berikut sejumlah fakta unik dan menarik dari Kota Purwakarta yang telah dirangkum SINDOnews dari berbagai sumber.

Fakta Menarik Kota Purwakarta

1. Nama Purwakarta

Nama Purwakarta berasal dari suku kata “purwa” yang artinya permulaan dan “karta” yang berarti ramai atau hidup. Diketahui jika nama tersebut diusulkan langsung oleh seorang cutak atau kepala wilayah di daerah Sindangkasih yang bernama Purbasari.

Dalam riwayatnya, penamaan tersebut terjadi pada tahun 1830 saat ibu kota Kabupaten Purwakarta dipindahkan dari Wanayasa ke Sindangkasih. Asal usul nama Purwakarta sendiri berkaitan dengan penyebaran agama Islam dan keberadaan Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta.

Baca Juga: Purwakarta Jadi Miniatur Masyarakat Sunda

2. Pernah Dikenal sebagai Kota Pensiunan

Purwakarta pernah dikenal sebagai kota pensiunan karena menawarkan suasana yang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian. Namun julukan tersebut mulai hilang setelah kota ini bertransformasi menjadi kota yang lebih modern, dinamis dan berbudaya.

Pemerintah kabupaten Purwakarta membangun berbagai infrastruktur dan fasilitas publik yang berbasis budaya. Beberapa di antaranya seperti Taman Air Mancur Sri Baduga, Museum Kebudayaan Sunda Wiwitan, Jembatan Cinta Situ Buleud, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Memiliki Taman Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara

Taman Air Mancur Sri Baduga adalah salah satu taman air mancur di Purwakarta dan menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara. Taman tersebut berada di Jl. K.K Singawinata No.73, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Taman ini memiliki luas 1,8 hektar dan memiliki patung Prabu Siliwangi, serta empat ekor harimau putih di tengah danau yang melambangkan spirit masyarakat Sunda. Diketahui Taman Air Mancur Sri Baduga sendiri dibangun oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi pada tahun 2014 untuk mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya.

4. Tempat Lahirnya Tokoh Nasional yang Berjasa Bagi Negara

Purwakarta termasuk salah satu daerah yang melahirkan banyak tokoh nasional yang berjasa bagi bangsa Indonesia. Salah satunya Kusumah Atmaja, beliau adalah pahlawan nasional yang menjadi Ketua Mahkamah Agung pertama dan pernah menjadi anggota BPUPKI.

Selain itu, ada juga Ipik Gandamana. Beliau adalah pemimpin besar yang lahir di Purwakarta. Dalam riwayatnya, ia pernah menjadi Bupati Kabupaten Bogor, Gubernur Jawa Barat dan Menteri Dalam Negeri.

5. Kota yang Memiliki Banyak Peninggalan Sejarah

Purwakarta memiliki banyak peninggalan sejarah yang menunjukkan kekayaan budaya dan peradaban masa lalu. Beberapa di antaranya seperti Benteng Vredeburg, Candi Bojongmenje, Makam Pangeran Kornel, Cagar Budaya Cipari dan Gedung Negara.

6. Terkenal dengan Budaya dan Tradisi yang Khas

Purwakarta juga terkenal dengan budaya dan tradisinya yang khas. Salah satu tradisi yang unik adalah Helaran, yaitu upacara adat yang dilakukan setiap tahun pada bulan Muharram untuk memperingati peristiwa Karbala.

Dalam upacara ini, ribuan orang berkumpul di alun-alun kota Purwakarta untuk menyaksikan pertunjukan wayang golek, tari-tarian, musik, dan doa bersama.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)