5 Fakta Unik Kota Purwokerto, Kota Mendoan hingga Toko Roti Tertua

Minggu, 16 Juli 2023 - 07:01 WIB
loading...
5 Fakta Unik Kota Purwokerto, Kota Mendoan hingga Toko Roti Tertua
Purwokerto merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dikenal sebagai kota pelajar, kota satria, kota mendoan hingga kotanya para pensiunan. Foto/Istimewa
A A A
PURWOKERTO - Purwokerto merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kota yang satu ini biasa dikenal sebagai kota pelajar, kota satria, kota mendoan hingga kotanya para pensiunan.

Kota Purwokerto tergolong kota yang sangat unik dan menarik. Pasalnya dikota ini banyak peninggalan bangunan bersejarah hingga lahirnya para pahlawan pembela tanah air.

Berikut ini adalah lima fakta unik dari Kota Purwokerto:

1. Tempat Berdirinya Bank Rakyat Indonesia


Purwokerto merupakan tempat berdirinya Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dalam sejarahnya, BRI didirikan pada tahun 1895 oleh Raden Bei Aria Wiraatmaja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden.



Pada masa kolonialisme di Indonesia, bank tersebut banyak mengalami perubahan nama. Setelah Indonesia merdeka, pemerintah menetapkan organisasi tersebut sebagai bank pemerintah dengan nama Bank Rakyat Indonesia.

2. Kota Pemilik Toko Roti Tertua di Indonesia


Purwokerto juga menjadi kota pemilik toko roti tertua pertama di Indonesia, yaitu Toko Roti Go. Konon, toko roti tersebut sudah ada sejak tahun 1898, tahun ini umurnya sudah mencapai 125 tahun.



Resep turun temurun pun sudah berhasil dipertahankan demi menjaga kualitas dan nilai sejarahnya. Meski begitu, hingga kini sang pemilik enggan mengklaim status sebagai toko roti pertama di Nusantara lantaran tak ada data resmi sebagai pendukungnya.

3. Dikenal sebagai Kota Mendoan


Jika sudah masuk di wilayah Purwokerto, banyak resto dan warung yang menyediakan mendoan sebagai menu pelengkapnya. Sebab, mendoan merupakan salah satu makanan khas yang ada di Banyumas.

Mendoan sendiri merupakan makanan yang berupa tempe goreng yang masih setengah matang. Biasanya mendoan akan disajikan dengan sambal pedas atau sambal kecap dan lalapan.

4. Ada Makam Kuno di Tengah Jalan Raya


Purwokerto memiliki makan kuno yang terletak di tengah-tengah jalan raya. Makan tersebut diberi nama Makam Ragasemangsang dan terletak di sebelah timur Alun-alun Kota Purwokerto.

Makam berwarna hitam putih dengan pintu kuning ini dijadikan tempat yang sakral oleh warga setempat. Makam Ragasemangsang diyakini sebagai salah satu tokoh yang banyak berkontribusi dalam berdirinya wilayah Purwokerto dan Banyumas.

5. Tempat Lahirnya Artis dan Tokoh Terkenal


Purwokerto juga merupakan tempat lahirnya tokoh dan artis terkenal di Indonesia. Kota ini memang memiliki putra-putri yang berprestasi di berbagai bidang, seperti olahraga, militer, seni, dan politik.

Beberapa tokoh nasional dan artis terkenal yang berasal dari Purwokerto, seperti Jenderal Gatot Subroto, Mayangsari, S. Bagio, Christian Hadinata, Supardjo Rustam dan juga Ahmad Tohari.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)