5 Tahun Pimpin Jabar, Ridwan Kamil Lahirkan Banyak Inovasi untuk Kemajuan Negeri

Senin, 28 Agustus 2023 - 20:41 WIB
loading...
5 Tahun Pimpin Jabar, Ridwan Kamil Lahirkan Banyak Inovasi untuk Kemajuan Negeri
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat Penandatanganan kerja sama dengan 11 pemerintah daerah di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (28/8/2023). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Kepemimpinan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum melahirkan banyak inovasi selama lima tahun memegang kendali Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, salah satu hasil dari inovasinya itu adalah menjadikan PNS Pemprov Jabar menjadi PNS terbaik se-Indonesia.

"Jadi setiap tahun diukur kinerja PNS jadi kami ranking 1 mengalahkan semua kementerian, lembaga negara, ratusan pemerintahan daerah," ucap Ridwan Kamil dalam acara Penandatanganan Kerja sama dengan 11 Pemerintah Daerah tentang Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan Pelayanan Publik di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (28/8/2023).



Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengungkapkan, seluruh inovasi yang dilahirkan Pemprov Jabar tersebut dia sebar luaskan ke seluruh pemerintah daerah dan lembaga yang ada di Indonesia.



"SIPD untuk kita menganggarkan itu bikinan sini. Mendagri mah enak gak ngeluarin uang, meng-copy dari kita. Tapi kita mah senang berarti kan ada gagasan baik dari kita yang dipraktikkan di mana-mana," ungkapnya.

"Kita gak mau senang sendiri, kita bagi-bagi aja silakan karena dikurangi kompetisi perbanyak kolaborasi karena kita sama sama NKRI," sambungnya.

Kang Emil mengatakan, pihaknya juga membuat aplikasi bernama tunjangan remunerasi kinerja atau TRK. Aplikasi tersebut mampu mengetahui sesuai atau tidaknya kinerja atau tupoksi para PNS.



"Caranya sederhana tiap sore PNS harus ngisi apa yang dia kerjakan lengkap dengan buktinya, komputer akan nanya kalau rapat mana notulensinya, kalau kamu kerja lapangan mana foto selfienya. Orang yang tidak pernah hadir tentulah dia tidak pernah bisa mengisi. Yang rajin amplopnya tebal, ketauan malas amplopnya tipis, adil kan," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)