Kisah Bahagia Orang Tua Bayi Kembar Siam Aliyah dan Aisyah Pulang dari RSSA Malang

Selasa, 22 Agustus 2023 - 14:43 WIB
loading...
A A A
"Yang saya pikirkan bagaimana saya bisa melahirkan dengan baik untuk anaknya, lancar, anaknya selamat, bisa melakukan sampai operasi pemisahan. Saya tetap kontrol-kontrolnya di sini ke RSSA Malang, di rumah menjaga pola makanan kesehatan, adiknya juga, selalu berusaha memberikan yang terbaik," bebernya.

Di sisi lain, sang ayah kandung kedua bayi itu Hartanto Cahyono tak henti-hentinya mengucapkan syukur dan rasa terima kasih kepada para tim dokter gabungan dari RSSA Malang dan RS dr. Soetomo Surabaya.

"Mengucapkan sekali lagi terima kasih ke semua dokter baik dari tim Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang maupun Rumah Sakit dr. Soetomo yang berusaha dan melakukan perawatan ke anak saya," kata Hartanto.

Sebagai informasi, pasien yang akan menjalani operasi pemisahan tersebut bernama Aliyah dan Aisyah berusia 11 bulan. Bayi kembar siam dari pasangan yang merupakan warga Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur tersebut lahir 15 September 2022 di RSUD Saiful Anwar Kota Malang.

Dari hasil analisa tim dokter, bayi kembar siam itu mengalami kondisi perut yang menempel dengan istilah omphalofagus. Selain itu, organ dalam liver atau hati menempel, serta penyatuan pada tulang dada bayi tersebut.

Pemisahan bayi kembar siam yang diketuai oleh dr Eko Sulistijono Sp.A(K) dengan melibatkan tim dokter dan tenaga kesehatan sejumlah 40 orang. Operasi pemisahan dilakukan pada Sabtu 12 Agustus 2023 di RSSA Malang pada pukul 09.05 WIB hingga 10.10 WIB.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7970 seconds (0.1#10.140)