Kisah Raja Majapahit Murka usai Mendengar Pidato Pembelotan Ranggalawe

Sabtu, 29 Juli 2023 - 07:04 WIB
loading...
A A A
Ranggalawe bahkan secara tegas mengutarakan dalam pidatonya bahwa Nambi itu sosok yang bodoh, lemah, takut, dan busuk. Dalam segala hal, Ranggalawe mengatakan Nambi mengecewakan.

Singkatnya, Nambi disebut Ranggalawe manusia tanpa keberanian, tanpa wibawa, tanpa reputasi, tanpa kepribadian.Di akhir pidatonya, Ranggalawe meyakini citra negara Majapahit akan hancur dengan pengangkatan Nambi.

Bahkan apa yang dilakukan Raden Wijaya itu dianggap Ranggalawe justru menurunkan reputasinya sendiri. Ia pun menantang Nambi duel satu lawan satu di manapun dan kapan pun waktunya.



Ungkapan kemarahan ini menyinggung perasaan raja dan warga keraton lainnya, yang mendesak Ranggalawe agar berpikir masak-masak sebelum menentukan sikap. Nambi mengabaikan tantangan duel tersebut.

Setelah itu, Ranggalawe cepat-cepat pulang dan mengadu kepada ayahnya, seraya bersikeras bahwa hanya ada dua pilihan: kembali melayani raja, atau berontak.

Ketika sang ayah menganjurkan agar ia mengendalikan kemarahannya dan tetap setia pada raja, Ranggalawe menjelaskan apa yang ia rasakan.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4103 seconds (0.1#10.140)