Kisah Cinta Prabu Siliwangi Muda, Kalahkan Raja Japura demi Taklukkan Hati Subang Larang

Rabu, 12 Juli 2023 - 06:44 WIB
loading...
A A A
Bahkan ketika menyamar dengan nama Keukeubingan Rajasunu, ia adalah satu-satunya orang yang pernah mengalahkan Ratu Kerajaan Japura bernama Prabu Amuk Murugul, putra Prabu Susuktunggal.

Saat sayembara memperebutkan Subang Larang, putri Ki Gedeng Tapa atau sering disebut Giridewata atau Ki Gedeng Jumajan Jati, penguasa Kerajaan Sing Apura putra Ki Gedeng Kasmaya.



Saat itu Ki Gedeng Kasmaya tengah berkuasa di Cirebon Girang putra Prabu Bunisora atau adik Mahaprabu Niskala Wastu Kancana, yang berasal dari Kerajaan Sing Apura berbatasan dengan Kerajaan Surantaka.

Pernikahannya dengan permaisuri Subang Larang melahirkan Raden Walangsungsang atau Cakrabuwana, Nyimas Rara Santang dan Raden Kian Santang.

Kemudian Nyimas Pakungwati putri Pangeran Walangsungsang menikah dengan Sunan Gunung Jati putra Nyimas Rara Santang.

Pangeran Walangsungsang sebagai Sultan Cirebon I dan Sunan Gunung Jati sebagai Sultan Cirebon II dalam Kesultanan Cirebon sejak tahun 1430 M.



Setelah sadar Sang Prabu Jayadewata masih kerabat, kemudian dmenemui ayah Prabu Amuk Murugul, yakni Prabu Susuktunggal kakak lain Ibu Prabu Dewa Niskala, ayahnya Prabu Jayadewata di Kerajaan Sunda yang sekarang terletak di daerah Bogor.

Ia dijodohkan dengan Nyai Kentring Manik Mayang Sunda putri Prabu Susuktunggal, yang kemudian melahirkan Sanghyang Surawisesa dan kelak dinobatkan menjadi pengganti Sri Baduga Maharaja di Pakuan Pajajaran dan Sang Surasowan.

Jadi adipati di daerah Pesisir Banten atau biasa disebut Banteng Girang.Sang Surasowan memiliki putra bernama Adipati Arya Surajaya dan putri bernama Nyai Kawung Anten.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3589 seconds (0.1#10.140)