Kisah Pantai Jembatan Panjang Malang, Lokasi Hilangnya 2 WNA dan 3 WNI

Senin, 10 Juli 2023 - 12:48 WIB
loading...
A A A
Di area tepi pantai, lebatnya pepohonan biasanya digunakan pengunjung untuk berkemah bermalam di pantai. Hal ini pula yang dilakukan oleh rombongan wisatawan asing dari pertukaran mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB).

Sejumlah fasilitas pendukung mulai dari warung makan, musala, hingga kamar mandi, memang tersedia. Hal ini menjadikan wisatawan bisa berkemah di pantai.

Tak jauh dari pintu akses masuk, pengunjung bisa menuju ke jembatan yang terbuat dari beton dan membentang sepanjang 100 meter. Jembatan ini terhubung ke sebuah batu karang yang menyerupai pulau berjarak 150 meter dari bibir pantai.

Pengunjung akan disuguhi sensasi ekstrem melintasi jembatan. Pasalnya deburan ombak yang kencang dan hembusan membuat adrenalin setiap wisatawan akan meningkat.

Namun di pantai ini pengunjung tidak disarankan untuk berenang atau mandi di sekitar pantai. Sebab ombak di kawasan Pantai Jembatan Panjang ini tergolong cukup besar.

Pengunjung bisa menikmati suguhan hamparan pasir putih di sepanjang garis pantai. Di sisi timur pantai juga terlihat ada jembatan panjang yang membentang menuju batu karang yang di atasnya terdapat pulau.

Di kawasan inilah merupakan Pantai Balekambang Malang yang biasanya digunakan umat Hindu untuk beribadah sebelum ritual Hari Raya Nyepi dilakukan. Namun sama halnya dengan Pantai Jembatan Panjang, Pantai Balekambang Malang juga tidak disarankan untuk berenang atau melakukan aktivitas selancar.

Seorang wisatawan Rudi Hermansyah mengatakan, sebenarnya Pantai Jembatan Panjang ini memiliki pemandangan yang indah, terutama ketika lautan tenang. Tapi karena kini cuaca di pesisir laut selatan sedang bergejolak ombak memang cukup tinggi.

"Kalau landai ombaknya bagus, nggak terlalu kencang. Cuma memang aksesnya ke lokasi juga sulit, jalannya masih makadam, berupa tanah dan bebatuan, kalau habis hujan gini licin," kata Rudi, warga Kepanjen, Kabupaten Malang.

Namun hal itu tak menyurutkan Rudi dan beberapa temannya dari luar Malang berkunjung ke Pantai Jembatan Panjang Malang. Ia memilih pantai ini karena suasananya lebih sepi dibandingkan dengan Pantai Balekambang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2458 seconds (0.1#10.140)