Tumbuhkan Minat Baca, Sopir Angkot Ini Sediakan Buku dan Koran

Selasa, 18 Oktober 2016 - 11:50 WIB
Tumbuhkan Minat Baca, Sopir Angkot Ini Sediakan Buku dan Koran
Tumbuhkan Minat Baca, Sopir Angkot Ini Sediakan Buku dan Koran
A A A
SERANG - Demi menumbuhkan minat membaca, seorang sopir angkot di Serang, Banten, menyediakan berbagai bahan bacaan dalam angkotnya. Penumpang pun senang dengan terobosan itu.

Sopir angkot jurusan Serang-Pandeglang itu bernama Edi Bahrudin alias Udin Angkot. Mobil angkot yang dipenuhi buku dan koran itu mudah dikenali sebab bagian kaca belakangnya diberi tulisan 'Angkot Baca Udin Angkot'.

Di dalam mobil angkot bernomor polisi A 1967 KM itu terdapat rak berisi buku-buku novel, cerpen, puisi, cerita rakyat, dan koran.

"Saya ingin menumbuhkan minat baca untuk anak sekolah, kuliah, dan siapa pun penumpang yang gemar baca, silakan," ujar Udin Angkot, saat ditemui di Terminal Cipocok, Kota Serang, Banten.

Tumbuhkan Minat Baca, Sopir Angkot Ini Sediakan Buku dan Koran


Bapak enam orang anak yang juga warga Curug Sawer, Kecamatan Pandeglang itu mengaku, walaupun baru dibuat sebulan lalu, banyak penumpang yang mengapresiasi langkahnya menyediakan buku dan koran di dalam angkot.

"Sedikit demi sedikit, menyisihkan uang hasil dari narik untuk dibeliin buku. Lama kelamaan banyak yang mau nyumbang. Sekarang sudah ada 50 buku," ujarnya.

Pria lulusan SMP ini juga mempunyai hobi menulis. Sembari menunggu penumpang, Udin menyempatkan diri untuk menulis cerpen dan puisi yang ide-idenya diperoleh dari jalanan.

"Hobi menulis terinspirasi dari penulis Gol A Gong dan Alhamdulillah sudah ada tulisan saya yang dibukukan oleh penerbit di Bandung."

Salah satu penumpang, Yunita, mengapresiasi apa yang dilakukan Udin Angkot. "Ini menarik, karena untuk mengisi kekosongan di perjalanan bisa membaca buku atau koran," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6662 seconds (0.1#10.140)