Gubernur Jawa Barat Sebut Keputusan Al Zaytun Akan Diumumkan Menko Polhukam Besok

Selasa, 27 Juni 2023 - 18:29 WIB
loading...
Gubernur Jawa Barat Sebut Keputusan Al Zaytun Akan Diumumkan Menko Polhukam Besok
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, keputusan terkait tindak lanjut polemik Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun akan diumumkan pemerintah pusat pada Rabu, 28 Juni 2023. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, keputusan terkait tindak lanjut polemik pondok pesantren (ponpes) Al Zaytun akan diumumkan pemerintah pusat pada Rabu, 28 Juni 2023. Keputusan itu mengacu pada laporan yang disusun oleh tim investigasi.



Ridwan Kamil menjelaskan, keputusan yang diambil Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam), Mahfud MD akan mengacu pada laporan yang disusun oleh tim investigasi bentukan Pemprov Jabar.

Tim ini digawangi oleh MUI Jabar dan tugasnya berakhir hari ini. "Al Zaytun besok Pak Menko Polhukam akan presscon terkait Al Zaytun," kata Ridwan Kamil, Selasa (27/6/2023).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini memastikan, Mahfud MD sudah mengantongi sejumlah tindakan atas polemik Ponpes Al Zaytun. Namun, Kang Emil enggan menyampaikan tindakan itu lantaran bukan lagi kewenangannya. "Saya tidak bisa mendahului karena komentar saya akan sama," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jabar, Iip Hidajat mengatakan, Panji Gumilang telah memberikan jawaban pada tim investigasi yang dilayangkan pada Jumat pekan kemarin.

"Tertulis, jadi kemarin kami menerima tim urusan dari Panji Gumilang itu ada tiga orang menyampaikan jawaban tertulis dan itu sudah kami terima," kata Iip.
Iip menegaskan, dirinya tidak bisa membeberkan isi dari jawaban yang dikirim oleh Panji Gumilang. Nantinya, jawaban itu akan dikaji oleh Menko Polhukam sebagai penanggungjawab kasus Ponpes Al Zaytun.

"Gak bisa disampaikan poin-poinnya karena kan pertanyaan tim, pertanyaan kita lanjutkan ke pusat, kan sekarang diambil oleh pusat, ditelaah lebih lanjut oleh pusat," ujarnya.

Caption: Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan, Menko Polhukam, Mahfud MD akan mengumumkan keputusan terkait tindak lanjut polemik Ponpes Al Zaytun.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)