KPU Temukan 57 Data Ganda hingga Mantan Napi Daftar Bacaleg DPRD Jabar

Senin, 19 Juni 2023 - 18:23 WIB
loading...
KPU Temukan 57 Data Ganda hingga Mantan Napi Daftar Bacaleg DPRD Jabar
KPU Jawa Barat menemukan 57 data ganda hingga mantan napi daftar bacaleg DPRD Provinsi.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Jawa Barat menemukan 57 data ganda bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar. Data ini ditemukan saat proses verifikasi administrasi (vermin) pada 15 Mei hingga 23 Juni 2023.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Jabar, Endun Abdul Haaq mengatakan, data bacaleg ganda ini ditemukan di 17 partai politik (parpol) dari 18 yang mendaftar ke KPU Jabar.

"Vermin itu menganalisis kegandaan (Bacaleg). Kami tidak menyebutkan nama partainya tapi memang ditemukan kurang lebih ada 57, kegandaan internal dan eksternal," kata Endun, Senin (19/6/2023).

Endun menjelaskan, dari jumlah tersebut ada data ganda internal atau didaftarkan lebih dari dua daerah pemilihan (dapil) dan ganda eksternal yaitu terdaftar lebih dari satu parpol.

Baca juga: Perwira Polisi Jabar Dicopot Diduga Tipu Tukang Bubur Ratusan Juta

"Jadi nanti saat penyerahan hasil vermin tanggal 24 dan 25 Juni 2023, kami akan menyampaikan bahwa pada saat nanti perbaikan yang kegandaan ini harus salah satu saja," ungkapnya.

Meski bisa diperbaiki, kata Endun, bacaleg yang ditemukan data ganda ini nantinya harus memilih salah satu parpol yang dituju.

"Jadi yang bersangkutan membuat surat pengunduran diri dari partai politik yang tidak dipilih. Tapi itu harus diketahui partai politik yang bersangkutan," katanya.

Endun menambahkan, bacaleg yang tidak melakukan perbaikan data ganda maka akan langsung dicoret. Menurutnya, aturan ini sudah tegas berdasarkan PKPU.

"Kalau caleg yang bersangkutan tidak membuat surat pengunduran diri untuk memilih salah satu partai berserta sanksinya dicoret," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)