Muncul Asap Putih di Kawah Gunung Karangetang, Warga Diminta Waspadai Luncuran Lava

Kamis, 15 Juni 2023 - 08:45 WIB
loading...
Muncul Asap Putih di Kawah Gunung Karangetang, Warga Diminta Waspadai Luncuran Lava
Gunung Karangetang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, masih menunjukkan adanya aktivitas vulkanik yang sangat tinggi. Foto/Dok. magma.vsi.esdm.go.id
A A A
SITARO - Aktivitas vulkanik Gunung Karangetang, masih sangat tinggi. Hingga kini, dari kawah gunung api dengan ketinggian 1.784 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, masih terlihat adanya kepulan asap putih tebal setinggi 25 meter dari bibir kawah.



Gunung Karangetang yang berada di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara tersebut, berstatus siaga atau level III. Masyarakat dan wisatawan, dilarang keras melakukan aktivitas pendakian di kawasan berbahaya.



Zona prakiraan bahaya dari aktivitas vulkanik Gunung Karangetang, yaitu radius 1,5 km dari puncak kawah dua atau kawah utara, dan kawah utama di sisi selatan, serta area perluasan sektoral ke arah barat sejauh 2,5 km, serta sepanjang Sungai Malebuhe.



Dilansir dari magma.vsi.esdm.go.id, petugas pengamatan Gunung Karangetang, Yudia Prama Tatipang dalam laporan tertulisnya, menyebutkan sepanjang Kamis (15/6/2023) pukul 24.00-06.00 Wita, gempa permukaan masih tinggi.

Selain itu, juga tercatat terjadi 27 kali gempa guguran dengan amplitudo 10-30 mm, dan lama gempa 50-125 detik. Satu kali gempa vulkanik dalam dengan amplitudo 20 mm, S-P 0.4 detik dan lama gempa 7 detik. Dua kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 10-45 mm, S-P 15-21 detik dan lama gempa 39-100 detik. Serta, satu kali gempa tremor menerus dengan amplitudo 0.25-3 mm, dominan 2 mm.



Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai guguran lava dan awan panas guguran, yang dapat terjadi sewaktu-waktu dari penumpukan material lava sebelumnya, akibat kondisinya belum stabil dan mudah runtuh, terutama kesektor selatan, tenggara, barat dan barat daya.

Selain itu, masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang, diimbau meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang, yang dapat mengalir hingga ke pantai.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2661 seconds (0.1#10.140)