Bikin Terenyuh, Aipda Ade Gunawan 16 Tahun Santuni Anak-anak Kurang Mampu di Sawangan Banyumas

Selasa, 13 Juni 2023 - 12:30 WIB
loading...
A A A
Teman satu liting lainnya yang saat itu datang ke Pendopo As-Salam adalah Aipda Rochmat Yulianto. Ia yang merupakan anggota Brimob Kompi 2 Batalyon D Pelopor, mengaku mendukung langkah yang dilakukan sahabatnya ini. “Setiap bulan saya pasti diberi laporan donasi yang diberikan untuk anak-anak As-Salam.

Meski tidak bisa membantu banyak, namun bisa rutin menyisihkan gaji setiap bulannya. Jika ada rejeki diluar uang gaji, saya menengok anak-anak tawasulan atau doa bersama di Pendopo As-Salam,” ujar Aipda Rochmat.

Santunan yang diinisiasi polisi Igun ini terus berkembang dan mendapat dukungan meluas. Polisi Igun yang mempelopori kegiatan ini akhirnya membuat masyarakat tergerak ikut kegiatan santunan rutin. Hal ini membuat polisi Igun harus melibatkan warga masyarakat seperti ketua RT/ RW, dan kepala dusun agar bisa ikut ambil bagian menjadi pengurus.

Perkembangan Majelis Dzikir As-Salam terus berjalan. Di bidang ekonomi, sudah satu tahun lebih Majelis Dzikir As-salam mempunyai warung makan yang dikelola anak-anak yang bersekolah kejar paket C.

Didirikannya Warung Makan As-Salam bertujuan memberi kesempatan mereka agar bisa mendapatkan ilmu manajemen keuangan. Untuk seluruh laba warung diberikan kepada mereka yang mengelola dengan menyisihkan 5% keuntungan untuk kegiatan sosial.

“Saya ajari anak-anak untuk menjadi dermawan karena suatu saat saya pasti akan akan meninggal dunia. Ini yang saya harapkan bisa menjadi amalan saya,” ujar polisi Igun saat ditemui di Warung As-Salam.

Ada keunikan dalam pemberian santunan di Majelis Dzikir As-Salam. Bagi setiap anak penerima santunan pertama kali, mereka diberikan 1 ekor kambing dan 1 ekor ayam betina untuk dikembangkan, namun diperbolehkan juga disembelih untuk dijadikan hidangan keluarga.

“Ketika di Desa Sawangan ada anak menjadi yatim, piatu atau yatim piatu, maka otomatis kami berikan 1 ekor kambing dan 1 ekor ayam,” kata polisi Igun sambil kembali menuangkan kopinya dari cerek klasik di warung makannya.

Adalah Reta Aviani, siswi SMK Ma’arif Ajibarang. Gadis yatim berumur 18 tahun ini menerima manfaat santunan sejak tahun 2013 ketika ia duduk dibangku kelas 3 SD. Menurut Reta, santunan yang ia terima sangat membantu pembiayaan sekolahnya hingga bisa membeli keperluan sekolah seperti tas, sepatu dan buku-buku serta alat tulis.

“Saya juga diberi kambing dan dikembangkan ibu hingga bisa mencapai 28 ekor. Ibu saya sendiri yang mencari rumput untuk kambing,” ujar Reta setelah mengikuti kegiatan tawasulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2660 seconds (0.1#10.140)