Ironis! Warga Panggang Gunungkidul Jual Ternak untuk Beli Air Bersih

Rabu, 31 Mei 2023 - 21:57 WIB
loading...
Ironis! Warga Panggang Gunungkidul Jual Ternak untuk Beli Air Bersih
Warga Kalurahan Girisuko Kapanewon Panggang Gunungkidul mulai menjual ternak untuk membeli air bersih
A A A
GUNUNGKIDUL - Musim kemarau tiba, warga Kalurahan Girisuko Kapanewon Panggang Gunungkidul mulai menjual ternak untuk membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Sejak dua bulan terakhir warga Girisuko memang terpaksa membeli air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Menurut warga Dusun Temuireng Girisuko, Budiharjo, terpaksa menjual kambing karena kebutuhan air bersihnya cukup banyak. Dalam 5 hari, dia terpaksa menghabiskan air sebanyak 1 tangki ukuran 5000 liter untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari

"Yang paling banyak itu untuk minum ternak saya,"ujar dia. Budiharjo menambahkan ia harus membeli air dengan harga Rp150.000 setiap tankinya. Tentu harga tersebut cukup mahal karena habis hanya dalam waktu 5 hari. Sehingga perhari dia harus mengeluarkan uang Rp30.000 untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca juga: Musim Kemarau, Krisis Air Bersih Kembali Melanda Warga Pulosari Pemalang

Membeli adalah satu-satunya jalan singkat agar segera mendapatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga dan juga minum ternaknya. Karena ketika menunggu bantuan dari pemerintah maka harus menunggu waktu cukup lama.

"Kan prosesnya harus buat surat permohonan dulu. Kemudian baru diajukan lewat kelurahan terus ke Kapanewon dan Pemkab. Perlu waktu to," ucapnya.

Menjual hewan ternak untuk membeli air memang sudah menjadi tradisi mereka setiap tahun. Sehingga mereka selalu mempersiapkan beberapa ternaknya untuk membeli air bersih selama kemarau.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)