Musim Kemarau, Krisis Air Bersih Kembali Melanda Warga Pulosari Pemalang

Rabu, 31 Mei 2023 - 05:13 WIB
loading...
Musim Kemarau, Krisis Air Bersih Kembali Melanda Warga Pulosari Pemalang
Memasuki musim kemarau, wilayah Pemalang selatan, terutama Kecamatan Pulosari kerap jadi langganan krisis air bersih sejak dahulu. SINDOnews/Aryanto
A A A
PEMALANG - Memasuki musim kemarau , wilayah Pemalang selatan, terutama Kecamatan Pulosari kerap jadi langganan krisis air bersih sejak dahulu. Hal itu sudah terjadi bertahun-tahun lamanya, bahkan sebelum Indonesia merdeka.

Biasanya, warga di Kecamatan Pulosari di saat musim hujan memanfaatkan air hujan dengan menampungnya menggunakan bak penampungan yang dibikin secara mandiri di tiap-tiap rumah. Hal itu lantaran di wilayah ini sulit mendapatkan sumber mata air, sehingga tidak memungkinkan untuk membuat sumur.

Sutrisno, Kepala Desa Clekatakan Kecamatan Pulosari, berharap agar masalah air bersih ini dapat terselesaikan. Menurutnya, kekeringan melanda di wilayah ini sudah bertahun-tahun, bahkan sebelum bangsa ini merdeka. Dia berharap pembangunan sarana untuk air bersih dapat segera terealisasi.

“Kekeringan ini telah terjadi sejak Indonesia belum merdeka. Besar harapan kami pembangunan air bersih yang saat ini masih berproses agar segera selesai dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sutrisno, Selasa (30/5/2023).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang, sejak tahun 2020 telah berupaya melakukan upaya menanggulangi krisis air bersih di wilayah tersebut. Salah satunya bekerjasama dengan Pemkab Banyumas. Di mana nantinya desa-desa di Kecamatan Pulosari akan dialiri air bersih dari mata air atau tuk Lambean yang berada di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas.

Baca: Kabur dari Rumah Majikan di Arab Saudi, Persoalan Ela Lastari TKW Asal Garut Makin Rumit.

Kendati demikian, upaya Pemkab Pemalang yang menggandeng Pemkab Banyumas, masih terkendala administrasi, yakni berkaitan dengan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)