Gunungkidul Dilanda Kekeringan, Droping Air Mulai Dilakukan

Minggu, 21 Mei 2023 - 18:59 WIB
loading...
Gunungkidul Dilanda Kekeringan, Droping Air Mulai Dilakukan
Sejumlah wilayah di Gunungkidul mulai dilanda kekeringan, karena itu Pemerintah setempat mulai melakukan droping air bersih. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
GUNUNGKIDUL - Gunungkidul mulai dilanda kekeringan. Sejumlah masyarakat sudah mulai mengajukan permintaan untuk mendapatkan air bersih dari pemerintah.

Merespons permintaan itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mulai menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat pertengahan pekan ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul Sumadi mengakui, wilayah Gunungkidul sudah mulai kekeringan. Sejumlah masyarakat sudah merasakan kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa membeli air ataupun mengajukan permohonan bantuan air bersih.



"Kalau yang membeli air bersih dari pihak swasta sudah banyak. Tapi yang mengajukan droping air belum banyak,"tutur dia.

Saat ini, baru ada 1 titik kelompok masyarakat yang mengajukan permohonan bantuan air bersihm mereka adalah masyarakat di padukuhan Sumber, Kalurahan Planjan Kapanewon Saptosari.



Pihaknya sudah mulai melaksanakan droping dengan air bersih ke wilayah tersebut. Tahap pertama, BPBD sudah mengirim bantuan untuk mengisi ke 12 bak penampungan di Padukuhan tersebut, Kamis (18/5/2023).

Dia mengatakan, lokasi padukuhan berada di daerah perbukitan. Kondisi ini membuat sambungan dari PDAM belum bisa masuk ke padukuhan Sumber. Sehingga setiap musim kemarau warga membeli air atau menunggu bantuan dari pemerintah maupun swasta.

"Di sana memang sudah langganan kekeringan,"ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)