Puluhan Emak-emak Tutup Jalan, Marah karena Perusahaan Rekrut Pekerja Luar Provinsi

Rabu, 17 Mei 2023 - 22:59 WIB
loading...
Puluhan Emak-emak Tutup Jalan, Marah karena Perusahaan Rekrut Pekerja Luar Provinsi
Puluhan emak-emak di Musi Banyuasin marah dan tutup jalan karena perusahaan sawit di desa mereka merekrut pekerja luar provinsi. Foto: iNewsTV/Edi Lestari
A A A
MUSI BANYUASIN - Puluhan emak-emak di Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin , Sumatera Selatan menutup jalan dengan memasang portal dan mendirikan tenda di akses jalan perusahaan kebun kelapa sawit PT. Cangkul Bumi Subur.

Aksi tersebut wujud kemarahan warga lantaran pihak perusahaan merekrut pekerja dari luar propinsi, sedangkan warga pribumi hanya jadi penonton.



Akibatnya, sejumlah truk bermuatan buah kelapa sawit milik perusahaan disetop warga dan tidak diperbolehkan melintas. Aksi itu mereka lakukan sebelum pihak perusahaan menerima mereka bekerja di perusahaan yang beroperasi di desa setempat.



Warga mendesak, jika belum ada tanggapan dan kepastian dari pihak perusahaan untuk memperkerjakan mereka, warga akan tetap memasang portal dan menutup jalan tersebut hingga mendapat jawaban dari perusahaan.

Camat Sungai Keruh, Edi Heryanto dan jajaran Polres Musi Banyuasin dan Polsek Jirak bersama Babinsa Kodim 0401 turun langsung berusaha meredam amarah warga. Setelah mendengarkan keluhan para emak-emak yang berunjuk rasa maka dilakukan mediasi antara perusahaan dan warga.


“Ini adalah bentuk kekecewaan kepada pihak perusahaan yang telah merekrut puluhan pekerja dari luar propinsi, sementara warga setempat jadi penonton. Warga juga mengeluhkan akses jalan desa yang hancur akibat lalu lalang mobil bermuatan buah sawit perusahaan,” kata salah seorang pengunjuk rasa, Misa.

Mediasi antara warga dan perusahaan dihadiri maneger perusahaan Fahmi. “Pihak perusahaan dapat merekrut 16 orang lagi, namun warga meminta 40 orang yang ingin bekerja di perusahaan kelapa sawit itu,” kata Camat Sungai Keruh, Edi Heryanto.

Meski demikian, hasil mediasi belum menemukan titik terang, sedangkan Fahmi selaku maneger masih meminta waktu untuk koordinasi dengan atasan di Jakarta agar ada solusi terbaik.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2511 seconds (0.1#10.140)