Asal Usul Nama dan Sejarah Bogor, Kota Hujan yang Dibangun Thomas Stamford Raffles

Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:56 WIB
loading...
A A A
Dari sejarah inilah yang membuat 3 Juni 1482 ditetapkan sebagai hari jadi Bogor, dan selalu diperingati bersama-sama oleh masyarakat setiap tahunnya.


Bogor Pada Masa Penjajahan

Beralih ke masa penjajahan Belanda, di Bogor dulunya sempat dibuat perencanaan tata ruang wilayah termasuk rencana penyebaran penduduknya oleh Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff, tepatnya tahun 1872.

Gubernur Jenderal VOC tersebut juga membangun hotel Du Chemin De Fer, untuk memberikan pelayanan yang memadai kepada para tamu-tamunya. Kini bangunan tersebut telah menjadi kantor Polwil Bogor yang terletak di seberang Taman Topi.

Ketika Bogor masih dalam kekuasaan Inggris, Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, banyak berjasa membangun wilayah ini, mulai dari merenovasi Istana Bogor dengan menjadikan kebun raya pada sebagian tanah istana, sampai mempekerjakan ahli pertamanan untuk menata Bogor sebagai tempat peristirahatan.

Sebab itulah mengapa Bogor sampai saat ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang kerap dikunjungi para wisatawan.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.6092 seconds (0.1#10.140)