Ngeri! Begini Detik-detik Pimpinan KKB Jhoni Botak Dibantai Anggota Lewis Kogoya

Sabtu, 29 April 2023 - 19:41 WIB
loading...
Ngeri! Begini Detik-detik Pimpinan KKB Jhoni Botak Dibantai Anggota Lewis Kogoya
Video Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lewis Kogoya, menganiaya pimpinan KKB, Jhoni Botak. Foto/Ist.
A A A
INTAN JAYA - Konflik antar faksi di Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, kian memanas. Pimpinan KKB, Jhoni Botak menjadi korban konflik brutal antar faksi KKB tersebut. Dia tewas usai dianiaya dan ditembak anggota KKB pimpinan Lewis Kogoya.



Aksi pembantaian terhadap KKB Jhoni Botak, dan anggotanya tersebut, viral usai videonya beredar luas di media sosial. Pembantian terjadi di wilayah kekuasaan Jhoni Botak, yakni wilayah Kalikopi, Papua Tengah.



Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik tersebut, menunjukkan beberapa anggota KKB pimpinan Lewis Kogoya, Staf Ops TPNPB OPM Kodap VIII Intan Jaya, sedang melakukan penganiayaan terhadap Jhoni Botak, dan anggota KKB Papua wilayah Kalikopi.



Jhoni Botak dan seorang anggotanya terlihat dipukul dan ditendang sebelum dieksekusi. Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri menyatakan, Jhoni Botak dan dua anak buahnya tewas ditangan KKB lainnya. "Joni Botak ditangkap, dianiaya dan ditembak KKB lainnya, pada Senin (24/4/2023) di Intan Jaya, karena dituduh mata-mata," ujar Fakhiri, Sabtu (29/4/2023).

Lebih lanjut Fakhiri menyatakan, Jhoni Botak merupakan salah satu pimpinan KKB yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), karena aksinya yang membunuh warga sipil dan aparat keamanan.



Aksi kejahatan Jhoni Botak antara lain penyerangan terhadap aparat di Jipabera, sekitar Kampung Aroanop pada 28 Februari 2020, dan terlibat penembakan yang menewaskan Bharatu Doni Priyanto, serta penembakan terhadap Polsek Tembagapura.

Wilayah operasi Jhoni Botak di sekitar Tembagapura, yang merupakan daerah penambangan PT. Freeport hingga ke Intan Jaya. Sebelum dibunuh, Joni Botak sempat dilaporkan berupaya masuk ke Tembagapura, namun aparat keamanan sudah terlebih dahulu membangun pos-pos di titik yang diduga merupakan jalan setapak untuk jalur KKB masuk ke Tembagapura.

"Aparat keamanan sudah menutup akses masuk ke Tembagapura, sehingga Jhoni Botak kembali ke Intan Jaya, yang kemudian dibunuh oleh KKB pimpinan Lewis Kogoya," kata jenderal polisi bintang dua tersebut.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3057 seconds (0.1#10.140)