PT Vale Turunkan Alat Berat, Tim Rescue dan Logistik Bantu Korban Banjir Lutra

Selasa, 21 Juli 2020 - 14:39 WIB
loading...
PT Vale Turunkan Alat Berat, Tim Rescue dan Logistik Bantu Korban Banjir Lutra
Alat berat bantuan PT Vale untuk penanganan dampak banjir bandang di Luwu Utara. Foto: Dokumen PT Vale
A A A
LUWU UTARA - PT Vale menurunkan bantuan untuk penanganan bencana banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara (Lutra). Bantuan itu berupa alat berat, Tim Search &Rescue serta logistik berupa kebutuhan dasar, seperti sembako.

Bantuan diserahkan secara bertahap oleh Senior Manager Stakeholder Relations PT Vale Indonesia, Yusri Yunus dan diterima oleh Bupati Lutra, Indah Putri Indriani dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lutra, Muslim Muhtar, pada Sabtu 18 Juli lalu.



Alat berat yang diturunkan berupa 1 unit excavator, 1 unit dozer, 2 unit dump truck, 1 unit water truck, 1 unit lighting plant dan 2 unit kendaraan double cabin. Seluruh unit sudah termasuk pengemudi serta bahan bakar untuk masa operasi mulai tanggal 14 sampai 30 Juli 2020.

Kemudian sejumlah perlengkapan berupa 6 generator set, 4 chainsaw, 2 pompa lumpur, 1 water jet, 7 tandon air dan selang. Perlengkapan itu untuk mendukung pemulihan wilayah banjir dan pembangunan infrastruktur, serta membantu mobilitas Tim Search & Rescue dalam mencari korban serta distribusi logistik.

PT Vale juga menurunkan 3 personel Fire & Emergency Services ditambah 3 orang personel Security Services sebagai Tim Search & Rescue dan dukungan operasi lainnya. Di lapangan mereka berkoordinasi dan bekerja sama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas).

Sementara itu, kebutuhan dasar yang disalurkan terdiri dari beras, gula makanan dan minuman siap saji, snack dan air minum dalam kemasan. Belum termasuk kebutuhan khusus penting lainnya seperti makanan anak dan bayi, pengadaan air bersih, naungan (shelter) serta pakaian untuk para korban.



“Semoga bantuan dari PT Vale ini dapat meringankan beban para korban dan membantu Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dalam pemulihan wilayah pascabanjir. PT Vale berkoordinasi intens dengan pemerintah dan Basarnas dalam memitigasi situasi bencana dan memberi dukungan yang diperlukan agar Luwu Utara, khususnya Masamba dapat segera kembali bangkit,” ungkap Director Support & Site Services PT Vale Agus Superiadi.

Banjir bandang Masamba, Lutra terjadi mulai Senin malam 13 Juli akibat curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan Sungai Masamba dan Sungai Radda meluap. Luapan tersebut kemudian merendam permukiman warga di 6 kecamatan.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)