Ini 10 Destinasi Wisata di Jatim yang Wajib Dikunjungi saat Libur Lebaran

Minggu, 23 April 2023 - 13:22 WIB
loading...
Ini 10 Destinasi Wisata di Jatim yang Wajib Dikunjungi saat Libur Lebaran
Pantai Boom Banyuwangi. Foto/Instagram/@bwi.story
A A A
Jatim memiliki banyak destinasi wisata alam dan buatan, yang layak untuk dikunjungi saat libur Idulfitri 1 Syawal 1444 H. Disbudpar Jatim, menyebut Jatim memiliki 1.368 destinasi wisata. Terdiri dari 475 wisata alam, 550 wisata buatan, dan 343 wisata budaya.



Selain itu, Jatim juga memiliki potensi destinasi 596 desa wisata, yang siap menyambut pemudik untuk berlibur. Ditambah fasilitas sarana sebanyak 1.576 hotel, 7.889 rumah makan atau resto, 1.743 homestay dan 1.792 biro perjalanan wisata.



Pada libur lebaran kali ini, tentunya dapat dipakai untuk menikmati berbagai destinasi wisata di wilayah Jatim tersebut. Terdapat 10 destinasi wisata di Jatim, yang paling banyak dikunjungi masyarakat saat libur Lebaran. Dimana saja itu?

1. Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan adalah telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Telaga yang juga dikenal sebagai Telaga Pasir ini berjarak sekitar 16 kilometer (km) arah barat kota Magetan.

Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Suhu udaranya antara 15 hingga 20 derajat celsius. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Pengunjung dapat menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga atau mengendarai kapal cepat.



Telaga Sarangan juga memiliki layanan jasa sewa perahu dan becak air. Telaga Sarangan memiliki beberapa kalender event penting tahunan, yaitu labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram,dan pesta kembang api di malam pergantian tahun.

2. Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang Surabaya atau KBS merupakan salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia dan terbesar se Asia Tenggara. KBS pernah menjadi kebun binatang dengan satwa terlengkap. Tak heran, kebun binatang yang berlokasi di Jalan Setail Nomor 1, Darmo, Wonokromo ini selalu menjadi favorit untuk wisata rekreasi keluarga dan wisata edukasi untuk anak-anak di setiap akhir pekan.

KBS berlokasi di lingkungan yang asri dan rindang dengan pohon-pohon besar. Selain sebagai tempat edukasi, juga merupakan kawasan konservasi sekaligus Hutan Kota. KBS ini juga terkenal karena di depannya terdapat patung Surabaya, patung Hiu dan Buaya yang merupakan lambang kota Surabaya.

3 Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang berada di pesisir selatan dan masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Daya tarik pantai ini tentu karena panorama alam yang indah, gelombang ombak yang memanjang hampir dua kilometer (km), serta hamparan pasir nan luas.



Area pasir putih terlihat bersih dari sampah maupun kotoran sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga. Bahkan tak jarang di pantai ini menjadi tempat latihan sejumlah klub sepak bola seperti Arema dan Persema. Pantai ini mulai berkembang dan disinggahi masyarakat luas tahun 1978, setelah adanya pembukaan akses jalan yang dilakukan Kades Srigonco Tukiran.

Umat Hindu menjadikan pantai ini sebagai tempat ibadah utama setiap setahun sekali. Tepatnya pada hari raya Nyepi, lokasinya di Pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo. Pulau ini menjorok masuk dari bibir pantai sekitar 70 meter yang dihubungkan dengan jembatan. Tradisi Nyepi dengan menggelar ritual keagamaan Hindu selalu dinantikan wisatawan dari berbagai daerah, termasuk wisatawan asing.

4 Go Fun Bojonegoro

Go Fun Bojonegoro berlokasi di di Jambean, Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Tempat wisata ini mulai dibuka pada pertengahan tahun 2016 dan dibangun diatas tanah seluas 5,3 hektar.

Go Fun menjadi salah satu objek wisata baru dengan sajian berbagai macam wahana permainan menarik dengan landmark kekinian. Suasana malam berpadu dengan lampu warna – warni menjadikan Go Fun Bojonegoro sebagai tempat wisata malam pilihan yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, sahabat, ataupun kekasih.

5 Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom awalnya merupakan pelabuhan yang kini berubah menjadi sebuah tempat wisata. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam yang indah serta jajanan yang banyak dijual disekitar pantai Boom. Salah satu landmark ikonik yang paling populer di pantai Boom adalah jembatan lintas (causeway) yang berbentuk spiral yang dipenuhi dengan sorotan lampu disekitarnya.



Satu sisa peninggalan masa kejayaan masa lalu di Pantai Boom Banyuwangi adalah deretan gudang yang persis menghadap ke dermaga. Bekas gudang ini dibiarkan apa adanya, namun sekelilingnya dibersihkan dan di depan gudang dibangun lintasan jalan khusus sepeda dan trotoar yang dilengkapi lampu taman model gantung.

6 Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar terletak di sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah, tepatnya yaitu berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan sekitar 40 kilometer ke arah barat dari Kota Pacitan.

Sejumlah keindahan yang bisa anda nikmati di pantai ini diantaranya pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang. Perjalanan menuju objek wisata Pantai Klayar Pacitan dapat dikatakan lancar karena sarana jalan sudah diaspal dengan baik.

7 Taman Safari Pasuruan

Taman Safari Pasuruan merupakan kebun binatang yang berlokasi di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Kebun binatang yang berada di lereng Gunung Arjuno menawarkan udara yang sejuk serta panorama alam yang masih asri. Ada sekitar 2.500 satwa dari sekitar 300 spesies yang bisa pengunjung temukan di taman safari ini.



Kebun binatang ini menempati lahan seluas 350 hektare ini. Menariknya, pengunjung bisa berinteraksi langung dengan satwa di alam terbuka. Terdapat wahana Safari Adventure yang akan mengantarkan wisatawan berkeliling Taman Safari Prigen naik kendaraan sehingga bisa berinteraksi langsung dengan satwa.

8 Pantai Gemah Tulungagung

Pantai Gemah berlokasi di Desa Keboireng, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini memiliki pasir berwarna coklat sepanjang 2 kilometer. Kawasan pantai juga dikelilingi pohon pinus, batu-batu besar, dan tebing berbatu karang. Wisatawan juga dapat menikmati suasana pantai dengan duduk di atas tikar sembari melihat pemandangan sekitar.

Pantai Gemah dapat dicapai dengan waktu tempuh berkisar 1,5 jam dari terminal Tulungagung. Saat mendekat pantai, wisatawan mulai melintasi Jalur Pansela Pacitan-Trenggalek-Tulungagung. Perjalanan ini cukup menyenangkan karena sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhi pemandangan yang indah. Sebelum ada jalur pantai selatan, pantai ini jarang disinggahi wisatawan karena letaknya tersembunyi di kawasan Teluk Popoh.

9 Pantai Watu Ulo Jember

Pantai Watu Ulo terletak di pantai selatan Jawa Timur, tepatnya di desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, Jember. Jarak Pantai dari pusat kota Jember adalah 40 kilometer. Untuk sampai ke lokasi wisata, dapat ditempuh dari 2 arah, yaitu dari timur (Banyuwangi) dan dari Barat (Lumajang).



Mayoritas penduduk di Pantau Watu Ulo berasal dari etnis Madura dan kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan petani. Nama Watu Ulo berasal dari bahasa Jawa yang berarti Batu Ular. Nama ini mengacu pada susunan batu yang memanjang dari pesisir pantai dan menjorok ke lautan. Dari bentuknya badan ular.

10 Jatim Park II Batu

Jawa Timur Park 2 atau sering disebut Jatim Park 2 merupakan salah satu destinasi yang cukup terkenal di Jawa Timur. Tempat wisata ini berada di Jalan Raya Oro-Oro Ombo Nomor 9, Temas, Kota Batu. Konsep Jatim Park sendiri tidak hanya wahana permainan, namun juga konsep edukasi yang diaplikasikan di sebagian wahananya.

Area di dalamnya sendiri terpisah menjadi 3 area utama, yaitu Museum Satwa, Eco Green Park dan Secret Zoo. Secret Zoo dan Eco Green Park memiliki koleksi binatang serta wahana permainan. Namun, baik koleksi binatang serta permainan berbeda.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)