Kerusuhan Pecah di GOR Oepoi Kupang, Polda NTT dan Korem 161 Bentuk Tim Investigasi

Kamis, 20 April 2023 - 20:52 WIB
loading...
Kerusuhan Pecah di GOR Oepoi Kupang, Polda NTT dan Korem 161 Bentuk Tim Investigasi
Kapolda NTT, Irjen Pol. Johny Asadoma bersama Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi, menyampaikan keterangan terkait kerusuhan di GOR Oepoi Kota Kupang, NTT. Foto/iNews TV/Sefnat Basie
A A A
KUPANG - Polda NTT bersama Korem 161/Wira Sakti, sepakat untuk membentuk tim investigasi bersama, guna menyelidiki kasus kerusuhan yang terjadi di GOR Oepoi Kota Kupang, NTT, pada Rabu (19/4/2023) tengah malam. Akibat kerusuhan tersebut, empat personel Polri terluka dan sejumlah kendaraan dirusak massa.



Kapolda NTT, Irjen Pol. Johny Asadoma mengatakan, saat ini tim investigasi masih bekerja melakukan penyelidikan, dan mengidentivikasi para pelaku yang terlibat dalam kerusuhan tersebut. "Tidak bisa hanya mengandalkan dari video yang beredar, karena kualitas gambarnya buruk sehingga sulit untuk mengidentivikasi wajah yang terlibat kerusuhan," tuturnya.



Nantinya, hasil investigasi bersama tersebut akan menentukan proses hukum terhadap para pelaku yang terlibat dalam kerusuhan tersebut. Menurut Johny, investigasi akan dilakukan secara transparan, sehingga diketahui peran masing-masing. Hukumannya, pastinya juga akan berbeda-beda tergantung dari hasil investigasi.



Lebih lanjut, jenderal polisi bintang dua ini mengatakan, kerusuhan yang terjadi merupakan tindakan spontanitas yang kemungkinan dipicu oleh emosi, serta tidak ada pengorganisiran. "Pemicunya semua dari dalam GOR Oepoi, kemudian berkembang ke luar GOR Oepoi, dan terjadi perusakan fasilitas publik," tegasnya.

Dua anggota Polri, kata Johny telah diminta keterangan oleh Bidpropam Polda NTT, terkait dengan kerusuhan yang terjadi. Dia juga menegaskan, seluruh pimpinan TNI dan Polri di NTT, sudah berkoordinasi dan berkomitmen untuk menjaga situasi kondusif.



Hal senada juga ditegaskan Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti, Kolonel Cpl. Simon Petrus Kamlasi. Dia menegaskan, ada komitmen bersama untuk mengendalikan keadaan mengingat situasi saat ini sedang siaga lebaran, dan membentuk tim investigasi untuk menyelidiki kasus kerusuhan tersebut.

"Anggota yang bersalah akan diambil tindakan, untuk mendapatkan efek jera. Untuk proses invesitigasinya, tentunya membutuhkan waktu karena bukti tidak cukup hanya dengan video yang beradar. Penyelenggara pertandingan futsal, juga telah dimintai keterangan," tegas Kamlasi.

Kamlasi juga menambahkan, sesuai dengan yang disampaikan Kapolda NTT, akan dilaksanakan perbaikan bersama terhadap pos-pos yang rusak, serta patroli bersama sebagai bentuk sinergitas TNI dan Polri.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)