Bandara Sentani Diblokade, TNI/Polri Diterjunkan

Rabu, 30 Desember 2015 - 13:56 WIB
Bandara Sentani Diblokade, TNI/Polri Diterjunkan
Bandara Sentani Diblokade, TNI/Polri Diterjunkan
A A A
JAYAPURA - Aparat kepolisian yang dipimpin oleh Kapolsek KP3 Udara Bandara Sentani Ipda Wiltson Reihard bersama TNI diterjunkan untuk membubarkan blokade warga bersenjata parang di run way 30 Bandara Sentani.

Sebelum melakukan pembubaran paksa, Wiltson terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan warga pemilik hak ulayat Mapi Kopeauw agar membuka terlebih dahulu landasan terbang karena banyak pesawat yang tertunda.

Selain itu, petugas juga melakukan penyisiran di sekitar run way 30 dan hasilnya banyak ditemukan batu di semak-semak, sekitar area pacu pesawat.

Kapolres Jayapura AKBP Sondang Siagian mengatakan, pihaknya tidak berkeberatan dengan aksi warga. Namun, jika aksi itu dilakukan dengan mengganggu aktivitas penerbangan Bandara Sentani pihaknya terpaksa akan turun tangan.

Menurutnya, masalah pembayaran tanah hak ulayat sampai saat ini masih menunggu dari keputusan Bupati Jayapura.

Seperti diketahui, sebanyak 50 warga yang mengaku pemilik hak ulayat tadi pagi memblokade run way Bandara Sentani karena kecewa tanah miliknya tidak dibayarkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura yang jatuh hari ini.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8204 seconds (0.1#10.140)