Asal Usul Tradisi Janur Kuning dan Karomah Raja Cirebon

Selasa, 11 April 2023 - 10:59 WIB
loading...
A A A
Namun dia merangkai sisa serpihan kayu tatal untuk dijadikan pondasi dan rangka bangunan masjid diluar arena sayembara.

Hebatnya, pondasi dan rangka bangunan masjid berhasil diselesaikan dalam hitungan jam berkat kesaktian Raden Angga Wacana.

Selanjutnya, Raden Angga Wacana ke lokasi sayembara dan berusaha meratakan Gunung Hata. Setelah rata, dia meletakan rangka dengan pondasi bangunan masjid yang dibuatnya.

Gunung Hata pun rata dan telah ada rangka bangunan masjid. Sontak Raja Cirebon kaget sehinga menghentikan sayembara yang diikuti para jawara dan pendekar sakti.

Tetapi, saat ditanya oleh raja, masing-masing peserta sayembara mengaku sebagai orang yang berhasil meratahan Gunung Hata.

Tak kurang akal, Raja Cirebon membuat burung dari janur kuning dan diterbangkan untuk mencari siapa sesungguhnya yang menjadi pemenang sayembara.

Burung itu pun usai terbang kemudian singgah ke Raden Angga Wacana. Hingga akhirnya Raja Cirebon mengetahui yang meratakan Gunung Hata dan memasang pondasi dan rangka bangunan masjid adalah Raden Angga Wacana.

Sesuai dengan hadiah sayembara, maka Raden Angga Wacana berhak menikahi salah satu putri Raja Cirebon.

Akan tetapi, Raden Angga Wacana yang sudah memiliki isteri tidak mau mengambil hadiah sayembara. Dia pulang ke Pangandaran.

Raja Cirebon pun tetap berusaha menyerahkan hadiah dengan mengirim prajurit untuk menyusul Raden Angga Wacana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)