Trafik Data Telkomsel Diprediksi Naik 13,6 Persen Selama Lebaran

Sabtu, 08 April 2023 - 01:05 WIB
loading...
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Naik 13,6 Persen Selama Lebaran
Telkomsel Area Jawa Bali memprediksi trafik layanan data/broadband selama Ramadan d an Iduk Fitri (RAFI) 2023 tumbuh hingga13,6 persen.Foto/ilustrasi
A A A
SURABAYA - Telkomsel Area Jawa Bali memprediksi trafik layanan data/broadband selama Ramadan dan Iduk Fitri (RAFI) 2023 mengalami pertumbuhan hingga 13,6 persen dibandingkan hari biasa. Sebaliknya, trafik layanan panggilan suara (voice call) turun 16,5 persen dan layanan SMS turun sekira 8 persen.

Vice President Area Network Operations Telkomsel Jawa Bali Juanita Erawati mengatakan, guna mengantisipasi pergerakan trafik selama momen RAFI 2023, Telkomsel melakukan peningkatan kapasitas sebanyak 35 unit BTS 4G/LTE serta mengoperasikan tambahan 9 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) yang tersebar di Regional Jawa Timur.

Operator telekomunikasi pelat merah itu juga telah menyelesaikan proses peningkatan layanan 3G ke 4G/LTE di Jawa Timur. Mencakup seluruh 38 kota/kabupaten, serta meningkatkan kapasitas jaringan 4G/LTE di frekuensi 2,1 GHz dengan lebar pita 20 MHz.“Hal tersebut kami lakukan untuk menghadirkan pengalaman digital pelanggan yang berkualitas," katanya.

Baca juga: Antisipasi Kenaikan Traffic Data saat Idul Fitri, Telkomsel Operasikan Tambahan 9 Unit Combat

Dia menambahkan,keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 58 Point of Interest (POI), yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik selama periode RAFI 2023.

POI tersebut mencakup 3 area transit transportasi utama. Yakni bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan. Kemudian 48 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), dan 7 area jalur mudik utama. "Termasuk pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan di sejumlah ruas akses tol utama di seluruh Indonesia," ujar Juanita.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama mudik lebaran, Telkomsel menyediakan Posko Siaga di sejumlah titik keramaian dan serta area transit di jalur mudik. Total ada 30 Posko Siaga, di antaranya terdiri dari 2 Posko Flagship dan 6 Posko Regular. "Selain itu kami juga menghadirkan Posko Ramadan di salah satu mal di Sidoarjo," tandas Juanita
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)