Antisipasi Kenaikan Traffic Data saat Idul Fitri, Telkomsel Operasikan Tambahan 9 Unit Combat

Rabu, 05 April 2023 - 21:00 WIB
loading...
Antisipasi Kenaikan Traffic Data saat Idul Fitri, Telkomsel Operasikan Tambahan 9 Unit Combat
Senior VP Consumer Sales Operations Telkomsel,Gilang Prasetya (tengah); VP Consumer Sales Area Jawa Bali Telkomsel, Riny Novitriyanti (kanan) dan GM Region Network Operations and Productivity Jawa Timur Telkomsel, Eko Prasetyo.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Momen Hari Raya Idul Fitri (Rafi) 2023, traffic layanan data/broadband diprediksi mengalami pertumbuhan hingga 13,6 persen dibanding hari biasa.

Sedangkan trafik layanan panggilan suara (voice call) diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 16,5 persen serta layanan SMS turun sekira 8 persen.

Untuk mengantisipasi pergerakan trafik selama Rafi 2023 ini, Telkomsel melakukan peningkatan kapasitas sebanyak 35 unit BTS 4G/LTE serta mengoperasikan tambahan 9 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) yang tersebar di Regional Jawa Timur.

Selain itu juga telah menyelesaikan proses peningkatan layanan 3G ke 4G/LTE di Provinsi Jawa Timur mencakup seluruh 38 kota/kabupaten, serta meningkatkan kapasitas jaringan 4G/LTE di frekuensi 2,1 GHz dengan lebar pita 20 MHz.

Baca juga: Data Pribadi Rawan Dicuri, Waspadai Kejahatan Modus Unduh File .APK Fiktif

“Hal tersebut kami lakukan untuk menghadirkan pengalaman digital pelanggan yang berkualitas. Keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 58 Point of Interest (POI), yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik selama periode RAFI 2023,” kata Vice President Area Network Operations Telkomsel Jawa Bali Juanita Erawati, Rabu (5/4/2022).

POI tersebut mencakup 3 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan), 48 area spesial (pusat pelayanan publik, alun-alun kota, dan pusat perbelanjaan), dan 7 area jalur mudik utama. Termasuk pengamanan kualitas dan ketersediaan jaringan di sejumlah ruas akses tol utama di seluruh Indonesia.

“Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama mudik lebaran, kami menyediakan Posko Siaga di sejumlah titik keramaian dan serta area transit di jalur mudik. Total ada 30 Posko Siaga, di antaranya terdiri dari 2 Posko Flagship dan 6 Posko Regular. Selain itu kami juga menghadirkan Posko Ramadan Fair x My Telkomsel yang berlokasi di Lippo Plaza Sidoarjo, yang digelar mulai dari tanggal 17 s.d. 21 April 2023,” ungkap Riny.

Posko Siaga Telkomsel di Jawa Timur dapat dijumpai di Bandara Juanda Surabaya (Posko Flagship), Alun-alun Batu (Posko Flagship), Alun-alun Sidoarjo (Posko Kampung Ramadan), Royal Plaza Surabaya, Rest Area Utama Raya Situbondo, Pantai Kelapa Tuban, Malang Town Square, Rest Area KM 575, Tol Solo - Ngawi

Khusus di Posko Flagship, pelanggan akan dimanjakan dengan hadirnya kursi pijat, akses WiFi gratis dari Telkomsel Orbit, lucky wheels berhadiah, dan takjil gratis.

“Kami memastikan seluruh kanal layanan pelanggan selama RAFI 2023, mulai dari layanan call center 188, layanan online akun resmi asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka, serta GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan. Di Regional Jawa Timur Telkomsel telah menyiagakan 43 GraPARI berkolaborasi dengan lebih dari 21 ribu mitra outlet,” tambah Riny.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2589 seconds (0.1#10.140)