Pertama Masuk Sekolah usai Libur Lebaran, Jalan di Gerbang Sekolah Tersendat

Selasa, 02 Mei 2023 - 10:05 WIB
loading...
Pertama Masuk Sekolah usai Libur Lebaran, Jalan di Gerbang Sekolah Tersendat
Hari pertama aktivitas sekolah banyak orang tua yang mengantarkan anaknya, sehingga terjadi kepadatan kendaraan di titik-titik masuk menuju kompleks sekolah, Selasa (2/5/2023). Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Hari pertama masuk sekolah usai libur Hari Raya Idul Fitri, diwarnai terjadinya kepadatan kendaraan di titik-titik kompleks sekolah. Pasalnya banyak ojek online dan orang tua murid yang kembali beraktivitas mengantarkan anak-anak mereka untuk bersekolah, Selasa (2/5/2023).

Seperti tampak di kawasan pendidikan di Jalan Haji Gofur dan Jalan Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Di lokasi tersebut terdapat beberapa sekolah yang lokasinya tidak terlalu jauh, baik sekolah swasta di bawah naungan Kemenag ataupun negeri di bawah Disdik.

Banyaknya pengantar murid baik yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat, membuat kamacetan tidak bisa dihindari. Apalagi waktunya berbarengan dengan aktivitas pegawai yang berangkat kerja. Sementara akses jalan tidak terlalu besar sehingga laju kendaraan harus tersendat.

Baca juga: Pasca Rumah Terendam Banjir, Warga Cianjur Bersihkan Lumpur dan Sampah

"Ini hari pertama masuk sekolah, jadi kembali lagi harus anter anak pagi-pagi sebelum berangkat ke kantor," kata salah seorang orang tua murid," Andri (38) kepada MNC Portal Indonesia.

Bagi pengemudi ojek online, kembali masuknya anak sekolah membawa rejeki tersendiri. Pasalnya mereka kembali bisa menarik penumpang anak-anak sekolah sehingga bisa menambah penghasilan. Selama ini ketika aktivitas sekolah libur, otomatis mereka hanya mengandalkan dari penumpang masyarakat umum atau pekerja.

"Kalau sekolah udah masuk, nariknya jadi lebih banyak dan lebih pagi. Meski buat rute-rute pendek tapi lumayan," ucap Agus (46), salah seorang pengemudi ojek online

Sementara salah seorang guru di SD Negeri Bunisari yang beralamat di Desa Gadobangkong, Ngamprah, Muhammad Satori menyebutkan, di hari pertama masuk sekolah kegiatan belajar dilakukan secara normal. Namun karena hari ini tanggal 2 Mei bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), maka terlebih dahulu digelar upacara.

"Kegiatan sekolah di hari pertama masuk diawali dengan Upacara Hardiknas, lalu halal bihalal usai lebaran antara siswa dan guru, lalu dilanjutkan belajar seperti biasa," tuturnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)