Tolak Atlet Israel, Bung Karno dengan Gagah Berpidato di Gelanggang Ganefo

Senin, 03 April 2023 - 04:05 WIB
loading...
A A A
"Maladi, engkau aku jadikan Menteri Olah Raga, dan perintahku kepadamu ialah buatlah seluruh bangsa Indonesia ini sport-minded. Kuperintahkan: gerakkan, gerakkan seluruh bangsa Indonesia dan seluruh bangsa New Emerging Forces ini dengan cara yang sehebat-hebatnya," kata Bung Karno.



Menteri Maladi mampu membuktikan diri sebagai pelaksana ajang olahraga dunia yang baik. Dengan persiapan yang hanya 200 hari, Ganefo diikuti sebanyak 51 negara. Termasuk negara Jepang, Belanda, Perancis, dan Uni Soviet mengirimkan atletnya ke Jakarta. Total seluruh atlet peserta Ganefo sebanyak 2.700 atlet.

Gebyar Ganefo terlihat di mana-mana, terutama ibu kota Jakarta. Hampir semua orang Indonesia memperbincangkannya. Spanduk-spanduk dengan kalimat-kalimat slogan tentang Ganefo, bertebaran.

"Ganefo Gagasan Bung Karno Menjadi Milik Dunia", "Ganefo Penjebol Oldefos", "Ganefo Kemauan Sejarah", "Berlomba dan Bersahabat dalam Ganefo". dan "Dengan Iman Teguh Ganefo Pasti Sukses".

Bung Karno berhasil menjadikan Ganefo sebagai gerakan semesta, yang bukan hanya dilakukan pemerintah, namun juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya branding yang besar. Untuk kesuksesan Ganefo, muncul penggalangan dana amal Ganefo yang tidak hanya di Jakarta, tapi sumbangan juga mengalir dari daerah-daerah.

Dalam laporan Komite Nasional, pemerintah menyediakan 12 gedung atau kompleks untuk biro keamanan berkapasitas 2.000 orang. Khusus duta kesenian yang mengisi Ganefo Art Festival, komite menyiapkan 15 gedung dengan kapasitas 3.066 orang.



Komite juga menyediakan 19 gedung berkapasitas 3.760 orang untuk seluruh utusan khusus, yakni pers dan organisasi massa. "Soekarno melancarkan gerakan ganyang dalam dunia olahraga dunia".

Ganefo sukses besar. Sejumlah cabang olah raga memecahkan rekor dunia. Di antaranya cabang atletik di mana rekor dunia ditumbangkan pelari Korea. Untuk bulu tangkis Indonesia berjaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)