Talaud Ekspor 6 Ton Serat Abaka ke Jepang, Jadi Bahan Baku Uang Kertas

Minggu, 19 Juli 2020 - 20:15 WIB
loading...
A A A
Serat pisang Abaka merupakan bahan baku mata uang Dollar Amerika Serikat dan Yen Jepang. Dengan bantuan fasilitasi dan kerja sama berbagai pihak, diharapkan ke depan pasar ekspor yang telah terbuka ini dapat terus ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil mengapresiasi tumbuhnya ragam baru asal subsektor hortikultura yang berhasil diekspor asal Sulut.

"Ini adalah bagian dari Gerakan Tigakali Lipat Ekspor, Gratieks yang digencarkan oleh jajaran Karantina Pertanian di 506 titik, termasuk di batas negeri," kata Jamil.

Dia mengemukakan, Barantan melakukan fasilitasi ekspor produk pertanian baik selaku otoritas karantina pertanian dan juga memberikan akses informasi melalui sistem layanan perkarantinaan.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) diberbagai kesempatan yang menyebutkan ekspor pertanian bukan hanya soal jumlah namun adalah juga 'pride' atau kebanggaan bagi bangsa. Untuk itu, pengelolaan dan sinergisitas menjadi langkah penting.
(awd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)