Talaud Ekspor 6 Ton Serat Abaka ke Jepang, Jadi Bahan Baku Uang Kertas

Minggu, 19 Juli 2020 - 20:15 WIB
loading...
Talaud Ekspor 6 Ton Serat Abaka ke Jepang, Jadi Bahan Baku Uang Kertas
Enam ton serat pisang Abaka (Musa Textilis) asal pulau terluar utara Tanah Air, Talaud, Sulut menembus pasar ekspor di Negeri Sakura, Jepang. Foto/Istimewa
A A A
MANADO - Untuk pertama kali, sebanyak 6 ton serat pisang Abaka (Musa Textilis) asal pulau terluar utara Tanah Air, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), dapat menembus pasar ekspor ke Negeri Sakura, Jepang.

Melalui pintu Pelabuhan Bitung, Sulut, komoditas ekspor senilai ekonomi Rp194 juta ini diberangkatkan ke Jakarta sebelum lanjut berlayar ke Jepang. (BACA JUGA: Awas! Hingga 7 Hari ke Depan, Wilayah Sulut Berpotensi Banjir )

"Setelah pekan lalu kopra putih (diekspor) ke India, sekarang serat pisang Abaka dari batas negeri, bakal menambah deret komoditas ekspor pertanian unggulan dari Sulut," kata Kepala Karantina Pertanian Manado Donni Muksydayan Saragih melalui keterangan tertulis, Minggu (19/7/2020). (BACA JUGA: Siloam Hospitals Paal Dua Manado Fokus Tangani Pasien COVID-19 )

Donni mengemukakan, melalui wilayah kerja di Tahuna, telah melakukan serangkaian tindakan karantina pertanian untuk memastikan komoditas ekspor ini sehat dan aman. Phytosanitary Certificate (PC) diterbitkan untuk penuhi persyatatan ekspor negara Jepang. (BACA JUGA: Pastikan Tak Terpapar Corona, 72 Anggota Basarnas Manado Ikuti Rapid Test )

Sebagai informasi, guna mendorong ekspor, melalui wilayah kerja di Tahuna, pihaknya membuka layanan klinik layanan ekspor. Di sini menyediakan akses informasi dari peta aplikasi komoditas ekspor atau IMACE terkait sentra, negara tujuan serta konsultasi bagi pelaku agribisnis.

Tidak hanya itu, Donni juga menyiapkan bimbingan teknis pemenuhan persyaratan teknis Sanitary dan Phytosanitary (SPS Measure) sesuai dengan aturan negara tujuan.

Dalam waktu dekat, Donni akan bekerjasama dengan pemerintah daerah melalui dinas terkait dan para pelaku usaha untuk mendorong membangun sentra pertanian komoditas ini, mengingat sudah banyak petani di Talaud yang membudidayakannya.

"Dengan jumlah produksi serat abaka yang semakn meningkat, kita dorong agar bisa memenuhi pasar global dalam jumlah besar sehingga bisa kita jajagi untuk lakukan ekspor langsung dari Sulut. Agar makin meningkat daya saingnya," ujar dia.

"Ini adalah cara kami memacu ekspor, selain mendorong tumbuhnya kawasan pertanian berkearifan lokal berorientasi ekspor juga mendorong tumbuhnya ragam dan pelaku agrobisnis baru," tutur Donni.

Pemilik komoditas PT MNP Indonesia menyebutkan mutu serat pisang Abaka asal Talaud tidak kalah dari Filipina yang merupakan pemasok terbesar ke Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)