Banjir Bandang Terjang Kapuas, 3.686 Rumah Warga Terendam

Sabtu, 01 April 2023 - 14:22 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang Kapuas, 3.686 Rumah Warga Terendam
Banjir bandang menerjang Kapuas Tengah, Kapuas, Kalteng sejak Rabu (29/3/2023). Banjir akibat hujan deras ini memicu luapan di daerah aliran Sungai Kapuas. Foto/BNPB
A A A
KAPUAS - Banjir bandang menerjang wilayah Kapuas Tengah, Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) sejak Rabu (29/3/2023). Banjir ini akibat hujan deras yang memicu luapan di daerah aliran Sungai Kapuas.

Genangan banjir bandang merendam tujuh desa di Kecamatan Kapuas Tengah. Hingga hari ini, Sabtu (1/4/2023), banjir masih merendam permukiman warga dengan tinggi muka air (TMA) antara 20-155 cm.


"Sebanyak kurang lebih 3.686 rumah yang ditinggali oleh 13.192 jiwa dari 4.488 KK telah terdampak," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Sabtu (1/4/2023).

Selain itu 27 rumah ibadah, 27 fasilitas umum, 32 sekolah, 6 fasilitas kesehatan dan 55 titik akses jalan juga masih terendam banjir.

Saat ini, Pemkab Kapuas telah menyatakan status tanggap darurat guna percepatan penanganan banjir wilayah Kapuas. Pemerintah setempat juga telah mendirikan posko darurat berikut beberapa pos lainnya seperti dapur umum di halaman Kantor Kecamatan Kapuas Tengah dan pos layanan kesehatan bagi warga terdampak.

Abdul Muhari menambahkan, cuaca di wilayah Kabupaten Kapuas yang masih sering terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat membuat banjir bertahan sampai hari ini.


Menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Kabupaten Kapuas masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai petir hingga Senin (3/4/2023).

Menyikapi hal itu, maka diimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dengan adanya potensi bencana hidrometeorologi yang dapat dipicu oleh faktor cuaca seperti angin kencang, banjir bandang, tanah longsor dan banjir susulan.

Apabila terjadi hujan lebat dalam durasi lebih dari satu jam, maka diimbau bagi masyarakat yang tinggal di lereng sungai dan di bawah tebing agar mengungsi ke lokasi yang lebih aman sampai kondisi dinyatakan kondusif.

Sementara itu bagi lintas OPD setempat agar membantu masyarakat dalam peningkatan kapasitas, mitigasi dan kesiapsiagaan demi meminimalisir dampak bencana. Perihal penanganan darurat, kebutuhan dasar warga terdampak agar dipenuhi dengan memprioritaskan kelompok rentan.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)