KPU Gowa Libatkan 1.430 Petugas Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih

Minggu, 19 Juli 2020 - 13:28 WIB
loading...
KPU Gowa Libatkan 1.430 Petugas Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih
PPDP di Kabupaten Gowa sedang melakukan proses coklit. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
SUNGGUMINASA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa melibatkan 1.430 petugas pencocokan dan penelitian (coklit) atau Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan turun ke masyarakat.

Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis mengatakan, bahwa proses coklit atau pemutakhiran data pemilih ini merupakan salah satu dari tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) Gowa 2020 yang saat ini sementara berlangsung.

"Proses coklit itu berjalan tanggal 15 kemarin tapi gerakan serentak akan mulai hari ini tanggal 18 yaitu launching gerakan coklit serentak dan ini seluruh masyarakat, ini akan dilaksanakan hingga 13 Agustus 2020 mendatang," ungkap Muhtar saat apel kesiapan gerakan coklit serentak pemilihan bupati dan wakil bupati Gowa tahun 2020 secara virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu 18 Juli kemarin.



Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan proses, coklit ini merupakan salah satu bagian terpenting dari tahapan pilkada untuk bisa mencocokkan data pemilih sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya pada pilkada Desember mendatang.

Selain itu, orang nomor satu di Gowa ini berharap, proses pemutakhiran data pemilih ini berjalan dengan baik meskipun di tengah pandemi COVID-19 . Olehnya itu, dia meminta agar seluruh petugas PPDP KPU agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama proses coklit seperti masker, pelindung muka, jaga jarak dan membawa handsanitizer.



Hal ini penting kata Adnan untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19. Mengingat kasus COVID-19 di Kabupaten Gowa masih tinggi dan penularannya melalui mata, mulut dan hidung. Sehingga penggunaan masker dan face shield merupakan cara efektif untuk mencegah terjadinya penularan virus corona.

Adnan menyebutkan, dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan maka penularan COVID-19 dapat diminimalisir. Ia berharap, pilkada pada Desember mendatang kasus COVID-19 di Kabupaten Gowa sudah mengalami penurunan.

Bupati Adnan juga meminta para petugas coklit dapat mengajak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada mendatang walaupun dalam situasi pandemi COVID-19.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8285 seconds (0.1#10.140)