Buka Suara, Ini yang Dibicarakan Achmad Purnomo dengan Presiden Jokowi

Sabtu, 18 Juli 2020 - 06:01 WIB
loading...
Buka Suara, Ini yang Dibicarakan Achmad Purnomo dengan  Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
SOLO - Bakal Calon Wali Kota Solo dari PDIP Achmad Purnomo kembali buka suara terkait pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo.

Selain diberitahu tidak mendapat rekomendasi sebagai calon Wali Kota Solo dari DPP PDIP, terdapat pembicaraan lain saat bertemu Jokowi.

“Saya sama Pak Jokowi sudah kenal lama, seperti sahabat, kangen-kangenan gitu aja,” ungkap Achmad Purnomo, Jumat (18/7/2020).

Dirinya kemudian diberitahu Presiden Jokowi bahwa yang mendapat rekomendasi sebagai calon Wali Kota Solo dari DPP PDIP adalah Gibran Rakabuming Raka.

Kala itu, suasananya santai dan guyonan. Presiden Jokowi juga titip pesan agar dibantu jika nanti Gibran memimpin Solo. Dirinya diminta memberikan saran saran karena sebagai senior.
“Kalau diminta tentu saya akan urun rembug (ikut memberi pendapat). Lumrahkan, terlebih untuk Kota Solo yang kita cintai ini,” ucapnya.

Jauh hari dirinya memang sudah menduga jika yang mendapatkan rekomendasi adalah Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra sulung Presiden Jokowi.

Selain pembicaraan terkait rekomendasi, pertemuan dengan Jokowi juga dimanfaatkan Achmad Purnomo untuk lobi terkait pembangunan Masjid Taman Sriwedari.

Dirinya berharap Presiden Jokowi turut memikirkan karena dananya masih kurang sekian miliar. "Alhamdulilah Pak Jokowi menyanggupi untuk segera dibantu sepenuhnya,” tuturnya.

Dirinya menyampaikan itu tidak ada kaitannya dengan politik. Kebetulan dirinya dipaercaya sebagai ketua pembangunan.

“Jika terpilih sebagai wali kota saya tetap minta bantuan, kalau tidak juga tetap akan minta bantuan. Tidak ada kaitannya,” papar Purnomo yang kini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo.

Mengenai dukungan yang diberikan untuk Gibran menurutnya adalah realita politik. Termasuk ketika dulu juga pernah bertarung melawan Jokowi saat pemilihan wali kota Solo.

Sedangkan untuk saat ini, realitanya adalah dirinya tidak mencalonkan diri. Tetapi dicalonkan secara bulat oleh DPC PDIP Solo. Mulai dari ranting anak, ranting, dan hingga anak cabang. Namun di tengah jalan ternyata putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mendaftar. “Itu realita politik bisa berubah seperti ini, harus diterima dengan hati terbuka,” tuturnya.

Bahkan ketika ada pandemi wabah Covid-19, dirinya tidak sampai hati dan sempat mengajukan pengunduran diri sebagai bakal calon wali kota dari PDIP. Namun permohonan itu ternyata ditolak.

“Sebagai kader saya ikut. Tetapi kenyataannya begini (tidak mendapat rekomendasi) harus diterima,” jelasnya. Dirinya mempersilahkan publik untuk menilai.

Setelah tidak mendapat rekomendasi dari PDIP, sejauh ini belum ada partai lain yang berupaya meminang. (Baca juga: PAN Giliran Merapat Dukung Anak Jokowi di Pilwalkot Solo)

Nantinya, setelah tidak menjabat Wakil Wali Kota Solo, Purnomo bakal kembali ke dunia bisnis, utamanya SPBU, dan kegiatan sosial. “Dari dulu khan saya aktifnya di kegiatan sosial, bukan di politik,” katanya. (Baca juga: Gibran dan 7 Jagoan PDIP Berpotensi Lawan Kotak Kosong)

Achmad Purnomo menampik terkait isu adanya tawaran jabatan saat pertemuan dengan Jokowi. “Seandainya ditawari pun saya nggak bersedia karena saya mencintai Kota Solo,” tandasnya.
Mengenai rencana Gibran dan Teguh Prakosa yang ingin bertemu, Achmad Purnomo meminta agar jangan saat ini. Dirinya masih belum mau membicarakan terkait rekomendasi, pilkada, dan memilih untuk tenang dahulu. Terlebih dirinya juga baru saja pulang dari pulang zona merah COVID-19.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)