4 Legenda Gunung Berapi di Tanah Jawa, dari Merapi hingga Kelud

Jum'at, 17 Maret 2023 - 17:40 WIB
loading...
A A A
4 Legenda Gunung Berapi di Tanah Jawa, dari Merapi hingga Kelud

Foto/Dok.SINDOnews

Salah satunya berasal dari dunia pewayangan, dimana Gunung Slamet diceritakan sebagai gunung tertinggi. Saking tingginya bahkan sampai dapat menggapai bintang.

Sehingga siapapun yang dapat mendaki gunung ini sampai ke puncak akan dapat mengambil bintang dan membawanya turun ke bumi. Hingga suatu saat terdapat beberapa ekor monyet yang mendaki gunung tersebut dan mengambil bintang sehingga membuat setiap malam penuh dengan kegelapan.

Hal ini membuat murka Batara Guru yang langsung menyuruh Ki Semar untuk menghukum para monyet. Karena ini para monyet lalu digiring turun gunung oleh Gareng sementara Ki Semar memotong puncak gunung tersebut.

4. Gunung Kelud

Berdasarkan cerita rakyat, kemunculan Gunung Kelud ini bermula dari pengkhianatan kisah cinta sang dewi. Sang Dewi bernama Putri Kilisuci yang punya paras rupawan.

4 Legenda Gunung Berapi di Tanah Jawa, dari Merapi hingga Kelud

Foto/Dok.SINDOnews

Karena parasnya tersebut terdapat dua orang raja berkepala binatang yang datang melamar. Mereka adalah Lembu Sura yang berkepala sapi dan Mahesa Sura yang berkepala Kerbau.


Karena tidak tertarik sang dewi membuat sayembara yang sulit untuk dikabulkan. Kedua raja ini harus membuat dua sumur di puncak Gunung Kelud.

Setelah disetujui dan berhasil mereka lalu diperintahkan untuk masuk sumur untuk melihat kedalamannya. Ketika dua raja ini masuk sang dewi memerintahkan rakyatnya untuk menimbun sumur tersebut.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)